Kamis, 18/04/2024 18:10 WIB

Saran Kompolnas ke Komisi III DPR Soal Calon Tunggal Kapolri

Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) sudah memberikan masukan ke Komisi III DPR RI untuk uji kepatutan dan kelayakan calon tunggal Kapolri Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo yang dilaksanakan, Rabu (20/1) mendatang. 

Ketua Harian Kompolnas, Benny Mamoto

Jakarta, Jurnas.com - Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) sudah memberikan masukan ke Komisi III DPR RI untuk uji kepatutan dan kelayakan calon tunggal Kapolri Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo yang dilaksanakan, Rabu (20/1) mendatang. 

Menurut Ketua Harian Kompolnas Benny Mamoto, masukan yang diberikan antara lain supaya Komisi III fokus pada rekam jejak, karir hingga prestasi Listyo Sigit selama menjadi polisi.

“Masukannya lebih banyak ke rekam jejak, kariernya dari awal hingga terakhir Kabareskrim bagaimana, ada gak catatan catatan negatif, kemudian juga mengenai prestasinya, apa prestasi yang dimiliki, yang dicapai, termasuk Kelemahan-kelemahannya, itu semua sudah kita sampaikan, itulah yang akan menjadi bahan ketika fit and propert test nanti,” kata dia usai menghadiri RDP dengan Komisi III di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (18/1).

Kapolri baru, lanjut Benny, juga disarankan mampu melanjutkan reformasi kultural dalam tubuh Polri itu sendiri, baik secara internal maupun eksternal. 

“Jadi tantangan ke depan ini ke depan internal ada dan eksternal ada, internal kita semua tau bahwa reformasi kultural harus lanjut,” ucapnya.

DPR, masih kata dia, juga harus menekan calon Kapolri pengganti Jenderal Pol. Idham Azis agar membangun soliditas dalam tubuh Polri, demi tercapainya kinerja yang baik. 

“Kemudian bagaimana membangun soliditas, dengan soliditas itu akan menghasilkan kinerja yang baik,” jelasnya.

“Kita semua tau dalam menghadapi pandemi, belum lagi dampak dari pandemik, yakni pengangguran, ekonomi, kemiskinan ditambah lagi dengan bencana alam. Kita juga menyampaikan bahwa tantangan di revolusi industri 4.0, liat aja bentuk kejahatan sekarang sudah menggunakan teknologi, nah ini yang harus diimbangi, Polri juga harus mengupdet SDM nya untuk pengetahuan tentang kejahatan kejahatan teknologi, kalau gak akan ketinggalan dan kejahatan ini pesat,” demikian Benny Mamoto.

KEYWORD :

Kompolnas Benny Mamoto Kapolri Komisi III DPR Komjen Listyo Sigit Prabowo Polri




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :