Sabtu, 20/04/2024 10:21 WIB

Grab Asia Tenggara Pertimbangkan Penawaran Saham Perdana AS Tahun Ini

Aplikasi ride-hailing dan pengiriman makanan terbesar Asia Tenggara, Grab sedang menjajaki listing di Amerika Serikat tahun ini, didorong oleh minat investor yang kuat untuk IPO.

Sebuah kendaraan Grab di Singapura. (Foto: Reuters)

Singapore, Jurnas.com - Aplikasi ride-hailing dan pengiriman makanan terbesar Asia Tenggara, Grab sedang menjajaki listing di Amerika Serikat tahun ini, didorong oleh minat investor yang kuat untuk IPO (Initial Public Offering) atau sering disebut dengan Penawaran Saham Perdana.

IPO dapat mengumpulkan setidaknya $ 2 miliar, kata salah satu sumber, yang kemungkinan akan menjadikannya penawaran saham luar negeri terbesar oleh perusahaan Asia Tenggara.

“Pasarnya bagus dan bisnisnya berjalan lebih baik dari sebelumnya. Ini harus bekerja dengan baik untuk pasar umum, ”katanya.

Rencana tersebut, termasuk ukuran masalah dan waktu, belum diselesaikan dan tunduk pada kondisi pasar, kata salah satu sumber, yang menolak untuk disebutkan namanya karena mereka tidak berwenang untuk berbicara tentang masalah tersebut.

Grab yang berbasis di Singapura menolak berkomentar tentang potensi IPO.

Grab, yang pendukungnya termasuk SoftBank Group Corp dan Mitsubishi UFJ Financial Group, telah berkembang pesat dari awalnya sebagai usaha ride-hailing di Malaysia pada tahun 2012 menjadi startup paling bernilai di kawasan ini dengan nilai lebih dari $ 16 miliar.

Perusahaan, yang juga menawarkan layanan keuangan dan baru-baru ini memperoleh lisensi bank digital di Singapura, mengatakan bulan ini bahwa pendapatan grup telah pulih dengan nyaman di atas tingkat pra-pandemi.

Ia juga mengatakan bisnis ride-hailing mencapai titik impas di semua pasar operasinya, termasuk Indonesia, yang terbesar. Perusahaan mengharapkan bisnis pengiriman makanannya mencapai titik impas pada akhir tahun.

Rencana IPO akan datang setelah diskusi merger dengan saingan Indonesia Gojek dibatalkan.

Gojek dan pemimpin e-commerce Indonesia Tokopedia sedang dalam pembicaraan lanjutan untuk merger senilai $ 18 miliar menjelang kemungkinan pencatatan ganda di Jakarta dan Amerika Serikat, Reuters melaporkan bulan ini.

KEYWORD :

Grab IPO Saham Investor Singapura




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :