Sabtu, 20/04/2024 13:36 WIB

Presiden Portugal yang Berusia 72 Tahun Positif COVID-19

Hasil tes positifnya muncul setelah dia dinyatakan negatif pada 6 Januari setelah melakukan kontak dengan seseorang yang terinfeksi dan melanjutkan jadwal kerjanya.

Presiden Portugal, Marcelo Rebelo de Sousa. (Foto: Postal.pt)

Lisbon, Jurnas.com - Presiden Portugal, Marcelo Rebelo de Sousa, yang kembali bertarung memperebutkan kursi kepresidenan pada 24 Januari, dinyatakan positif virus corona (COVID-19).

Pria berusia 72 tahun itu memiliki satu debat presiden utama yang dijadwalkan pada Selasa, serta pertemuan dengan para ahli kesehatan untuk membahas rincian penguncian yang direncanakan akan diumumkan pada Rabu, tetapi kantornya mengatakan dia membatalkan semua pertemuannya.

Dilansir dari AFP, dalam pernyataan yang dibagikan di situs resminya, kantor Rebelo de Sousa mengatakan presiden telah memberi tahu Perdana Menteri Antonio Costa dan Menteri Kesehatan Marta Temido tentang situasi tersebut.

Rebelo de Sousa akan mengisolasi diri di kediaman resminya di Lisbon, kata pernyataan itu.

Hasil tes positifnya muncul setelah dia dinyatakan negatif pada 6 Januari setelah melakukan kontak dengan seseorang yang terinfeksi dan melanjutkan jadwal kerjanya.

Portugal telah mencatat rekor jumlah kematian dan infeksi virus korona, membuat penguncian baru tidak dapat dihindari, Perdana Menteri Antonio Costa mengatakan Senin.

Pada pertemuan Kabinet Rabu, pemerintah akan memutuskan pembatasan serupa dengan yang diberlakukan selama penguncian pertama Maret lalu, kata Costa.

Dia berbicara setelah pejabat kesehatan melaporkan rekor kematian 122 selama 24 jam terakhir, menjadikan jumlah keseluruhan Portugal menjadi 7.965.

Pada hari Jumat, para pejabat mencatat rekor 10.176 kasus baru selama periode 24 jam. Sebanyak 3.983 pasien COVID-19 saat ini berada di rumah sakit - angka tertinggi baru - termasuk 567 dalam perawatan intensif.

"Kami pasti menghadapi gelombang ketiga" dari virus tersebut, Costa mengatakan kepada wartawan, Senin.

Menteri Kesehatan Portugal, Marta Temido, menyalahkan lonjakan kasus baru-baru ini pada periode Natal dan hawa dingin, mengatakan satu-satunya solusi adalah menurunkan tingkat infeksi.

Pemerintah akan berkonsultasi dengan ahli kesehatan masyarakat pada hari Selasa sebelum membahas cara terbaik untuk memperkuat pembatasan yang sudah ada sejak awal November.

KEYWORD :

Portugal Marcelo Rebelo de Sousa Positif Corona




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :