Sabtu, 20/04/2024 16:27 WIB

Ngambek, Trump Ogah Hadiri Pelantikan Joe Biden

Pasangan Melania itu akan dicatat sebagai presiden petahana pertama sejak Andrew Johnson yang melewatkan sumpah penggantinya.

Presiden AS Donald Trump menghadiri Piknik Kongres di Halaman Selatan Gedung Putih di Washington, DC, pada 21 Juni 2019. (Foto: AFP)

Washington, Jurnas.com - Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump mengatakan tidak akan menghadiri pelantikan penggantinya, Presiden terpilih dari partai Demokrat Joe Biden, pada 20 Januari. Hal itu disampaikan beberapa jam setelah menjanjikan transisi kekuasaan yang damai.

"Kepada semua yang bertanya, saya tidak akan menghadiri pelantikan pada 20 Januari," tulis Trump di Twitter.

Dilansir dari Reuters, sumber yang mengetahui masalah tersebut mengatakan, ada diskusi di Gedung Putih tentang Trump meninggalkan Washington pada 19 Januari. Dia diperkirakan akan melakukan perjalanan ke resornya Florida

Trump tidak memberikan petunjuk bagaimana dia akan menghabiskan jam-jam terakhirnya di Gedung Putih. Pasangan Melania itu akan dicatat sebagai presiden petahana pertama sejak Andrew Johnson yang melewatkan sumpah penggantinya.

Secara turun-termurun, presiden yang masuk dan keluar naik ke Gedung Kongres AS bersama-sama untuk upacara tersebut, sebagai simbol transisi damai bangsa.

Komentar Trump muncul dua hari setelah massa pendukungnya yang kejam menduduki Capitol selama beberapa jam ketika anggota parlemen menghitung suara elektoral yang menjamin kemenangan Biden.

Biden akan menjadi presiden pada siang hari pada 20 Januari terlepas dari rencana Trump.

Di Wilmington, Delaware, Biden mengatakan bahwa ketidakhadiran Trump akan menjadi hal yang baik. "Salah satu dari sedikit hal yang dia dan saya sepakati ... Dia membuat negara ini malu," ujarnya.

Biden mengatakan Wakil Presiden Mike Pence akan disambut di pelantikannya.

Pence diharapkan menghadiri pelantikan. Juru bicara Pence Devin Malley mengatakan, "Wakil Presiden Pence dan Nyonya Kedua belum membuat keputusan mengenai kehadiran mereka."

Tim transisi Biden tidak segera mengomentari pengumuman Trump. Tetapi Jen Psaki, sekretaris pers Gedung Putih yang akan datang dari presiden terpilih, mengatakan bulan lalu bahwa apakah Trump menghadiri pelantikan bukanlah hal yang terpenting bagi Biden.

KEYWORD :

Pelantikan Joe Biden Donald Trump Gedung Capitol




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :