Jum'at, 19/04/2024 08:57 WIB

Genjot Produksi Pertanian Tahun 2021, Kementan Siapkan 34.356 Unit Alsintan

Bantuan alsintan ini akan diberikan ke daerah-daerah sentra tanaman pangan, hortikultura, perkebunan dan peternakan.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) menyerahkan bantuan Alsintan saat berkunjung ke Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Jumat (29/5).

Jakarta, Jurnas.com - Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP), Kementerian Pertanian (Kementan) menyiapkan sebanyak 34.356 unit alat dan mesin pertanian (alsintan) untuk menggenjot produktivitas pertanian di tahun 2021.

Alsintan tersebut terdiri dari cultivator sebanyak 3.000 unit, hand sprayer 17.800 unit, pompa air 7.000 unit, rice transplanter 360 unit, traktor roda dua 5.596 unit, traktor roda empat 600 unit.

Direktur Jendral PSP, Sarwo Edhy menjelaskan, bantuan alsintan ini akan diberikan ke daerah-daerah sentra tanaman pangan, hortikultura, perkebunan dan peternakan.

"Alsintan ini merupakan stimulan yang ditujukan bagi kelompok tani agar dapat dimanfaatkan secara maksimal sesuai dengan kapasitas kerjanya," ujar Sarwo.

Sarwo juga menyampaikan, bantuan alsintan tahun anggaran 2021 ini sudah termasuk untuk mendukung program food estate (lumbung pangan).

Sementara itu, Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo, mengatakan alsintan memiliki peran penting dalam penyediaan pangan untuk mendukung ketahanan pangan.

"Dengan alsintan, kita ingin memastikan penyediaan pangan tidak terkendala. KIta juga berharap petani bisa memaksimalkan peran alsintan untuk mendukung pertanian yang maju, mandiri, dan modern," katanya, Minggu (3/1).

KEYWORD :

Alat Mesin Pertanin Sarwo Edhy Produksi Pertanian




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :