Jum'at, 19/04/2024 01:46 WIB

Bansos 2021 Masih Ada, Jokowi: Jangan Ada Potongan-potongan

Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2021, pemerintah telah menyiapkan anggaran sebesar Rp110 triliun untuk melanjutkan program perlindungan sosial.

Presiden RI Joko Widodo. (Foto : Jurnas/Twitter Jokowi).

Jakarta, Jurnas.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan, pemerintah akan tetap menyalurkan bantuan sosial (bansos) bagi masyarakat Indonesia di tahun 2021.

"Kita sudah berada di penghujung tahun 2020, dan segera memasuki tahun yang baru. Di tahun 2021, pemerintah tetap menyalurkan bantuan sosial bagi masyarakat," tulis Jokowi di akun Instagram pribadinya, Selasa (29/12). 

Jokowi mengatakan, pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2021, pemerintah telah menyiapkan anggaran sebesar Rp110 triliun untuk melanjutkan program perlindungan sosial.

Program tersebut berupa program kartu sembako kepada 18,8 juta keluarga penerima manfaat (KPM), program Keluarga Harapan (PKH), bansos tunai bagi 10 juta KPM, program Kartu Prakerja, Dana Desa, dan diskon listrik.

"Pagi tadi, dalam rapat terbatas, saya menekankan agar bansos tersebut segera disalurkan di bulan Januari. Jangan sampai mundur. Ini menyangkut daya beli masyarakat, konsumsi rumah tangga, sekaligus daya ungkit untuk memacu pertumbuhan ekonomi," kata Jokowi.

Jokowi berpesan kepada para pembantunya melibatkan pemerinta daerah dalam proses penyaluran bansos agar tepat sasaran.

"Pesan saya kepada jajaran pemerintah: bansos disalurkan dengan tepat sasaran. Jika diperlukan perbaikan data, libatkan pemerintah daerah. Dan jangan ada potongan-potongan dalam bentuk apapun," kata Jokowi.

KEYWORD :

Bansos 2021 Bantuan COVID-19 Jokowi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :