Senin, 24/09/2018 01:06 WIB

Netizen Sambut Positif Kembalinya Arcandra

Sentimen terhadap Arcandra mengalami perkembangan positif, mengingat bahwa sebelumnya, pada bulan lalu sempat muncul tagar #Tolakarcandratahar.

Pelantikan Ignasius Jonan dan Arcandra Tahar oleh Presiden Jokowi./foto:Twitter

Jakarta - Menyusul dilantiknya Ignasius Jonan Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Arcandra Tahar sebagai wakil menterinya, sentimen terhadap Arcandra mengalami perkembangan ke arah yang lebih positif. Mengingat bahwa sebelumnya, pada bulan lalu, wacana Arcandra yang akan dinaikkan sempat muncul tagar #tolakArcandratahar.

Rustika Herlambang, Direktur Komunikasi Indonesia Indicator, menuturkan netizen memberikan apresiasi positif terhadap momentum tersebut melalui media sosial dengan 2.264 cuitan dan sentimen negatif sebesar 1,7 persen. Menurutnya, para netizen menyambut gembira terkait pelantikan kembali Arcandra meskipun sebagai wakil menteri.

"Respon negatif terhadap Arcandra tidak muncul karena posisinya sebagai wamen sehingga tidak memunculkan kontroversi," jelas Rustika di Jakarta, Sabtu (15/10).

Cuitan positif juga didapatkan Jonan, yang hanya sebesar 7 persen dari total respon netizen yang jumlahnya mencapai 7.478 cuitan.

Lembaga survei yang dipimpin Rustika juga mencatat sentimen negatif sebesar 13 persen akibat ketidakhadiran Wakil Presiden Jusuf Kalla, tanggapan negatif anggota DPR dan pelantikan yang mendadak.

Hasil penelitian lembaga surveinya itu didapat, ucap Rustika, dari olahan yang bersumber pada keputusan Presiden Joko Widodo melantik Jonan dan Arcandra sebagai duet pasangan untuk memimpin Kementerian ESDM. Pelantikan tersebut mendapatkan respon 817 berita pada 193 media online hingga Jumat (14/10) pukul 20.00 WIB.

Hasil tersebut, menurut Rustika, menunjukkan berbagai pihak terkejut termasuk media massa dan netizen. Media memberikan apresiasi sekaligus keterjutannya atas pelantikan mendadak tersebut.[]

TAGS : jurnas arcandra tahar wakil menteri ESDM jokowi ignasius jonan pejabat karier moh mahfud md




TERPOPULER :