Sabtu, 20/04/2024 19:19 WIB

Turki Kirimkan Alat Medis ke Sri Lanka

Turki sejauh ini telah mengirimkan bantuan ke hampir 153 negara untuk membantu para negara membendung penyebaran penularan Covid-19

Benedera Turki (Foto: DW)

Istanbul, Jurnas.com - Turki mengirimkan bantuan medis ke Sri Lanka sebagai upaya Ankara memberikan bantuan kepada negara di seluruh dunia selama pandemi virus korona.

Kedutaan Besar Turki untuk Kolombo mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa negara itu menyumbangkan 12 alat NF-400 NUVE Benchtop Centrifuges ke Kementerian Kesehatan Sri Lanka "untuk membantu otoritas kesehatan Sri Lanka dalam perang melawan Covid-19.”

Turki sejauh ini telah mengirimkan bantuan ke hampir 153 negara untuk membantu para negara membendung penyebaran penularan virus sejak Maret lalu.

NF-400 Benchtop centrifuges diproduksi oleh perusahaan Turki NUVE untuk kebutuhan sentrifugasi rutin harian. Alat itu disumbangkan oleh Badan Kerjasama dan Koordinasi Turki (TIKA) untuk Sri Lanka.

Dalam sebuah upacara serah terima, Duta Besar Turki R. Demet Sekercioglu menyerahkan mesin tersebut kepada Menteri Kesehatan Sri Lanka Pavithra Wanniarachchi.

Turki menempati urutan kedua yang menyalurkan bantuan medis di dunia.

Di antara penerima bantuan medis Turki terdapat anggota Uni Eropa, Amerika Serikat (AS) serta delapan organisasi internasional.

"Sumbangan peralatan medis kepada otoritas kesehatan Sri Lanka sekali lagi menyoroti diplomasi kemanusiaan Turki, yang merupakan bagian fundamental dari kebijakan luar negerinya," kata pernyataan itu.

Sri Lanka melaporkan 39.231 kasus Covid-19 dan 185 kematian sejak awal wabah.

Menurut Laporan Bantuan Kemanusiaan Global dari Development Initiative, Turki menyumbang hampir 26 persen dari seluruh bantuan kemanusiaan global pada 2019, bahkan sebelum Covid-19 menjadi pandemi global.

Laporan yang dirilis Juli ini mengatakan Turki menghabiskan USD7,6 miliar untuk bantuan kemanusiaan tahun lalu, sementara bantuan kemanusiaan global berjumlah USD29,6 miliar pada 2019, turun dari USD31,2 miliar pada 2018. (Anadolu Agency)

KEYWORD :

Covid-19 Turki Alat Medis Sri Lanka




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :