Sabtu, 20/04/2024 13:57 WIB

Singapura Jadi Negara Pertama di Asia Terima Vaksin Pfizer

Vaksin tersebut diterima oleh Menteri Transportasi Singapura, Ong Ye Kung dan dibawa ke fasilitas rantai dingin SATS untuk penyimpanan dan transportasi darat.

Vaksin virus corona baru (COVID-19) buatan Pfizer. (Foto: Reuters)

Singapura, Jurnas.com -  Singapura menerima pengiriman pertama vaksin virus corona (COVID-19) pada Senin (21/12) malam. Singapura menjadi negara pertama di Asia yang menerima vaksin yang dikembangkan oleh Pfizer dan BioNTech.

Pengiriman diangkut dengan penerbangan SQ7979 melalui kargo Singapore Airlines (SIA) 747-400, yang berangkat pada Minggu (20/12) dari Brussel dan mendarat di Bandara Changi Singapura pada pukul 19:36 pada Senin (21/12).

Vaksin tersebut diterima oleh Menteri Transportasi Singapura, Ong Ye Kung dan dibawa ke fasilitas rantai dingin SATS untuk penyimpanan dan transportasi darat.

Kepada wartawan, Ong berbicara tentang niat Singapura untuk menjadi hub regional untuk pengangkutan vaksin COVID-19.

"Kami yakin kami memiliki kemampuan untuk melakukannya, untuk berperan membantu memasok dan mendistribusikan ke kawasan. Saya pikir ada dua jenis pemikiran sekarang dalam kaitannya dengan pemberian vaksin. Beberapa negara tentunya lebih memilih pengiriman langsung karena mereka menganggapnya cepat, pengiriman point-to-point," ujarnya.

"(Tapi) kita juga bisa berperan sebagai hub distribusi dan transportasi ke kawasan. Saya rasa mereka tidak eksklusif ... Saya yakin ketika keadaan stabil akan ada permintaan untuk keduanya. Dan kami berharap Singapura dapat memainkan peran yang positif dan konstruktif bagi daerah," tambahnya.

Ong mengatakan perusahaan logistik lokal telah dilatih untuk memenuhi standar yang ditetapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dalam menangani kargo dengan aman.

"Dalam hal kapasitas, kami memiliki kapasitas yang cukup besar, lebih dari cukup untuk menangani kargo dengan pengatur suhu. Misalnya, tahun depan, perkiraan pergerakan kargo untuk vaksin adalah sekitar 65.000 ton di seluruh dunia. Tahun lalu saja, SATS menangani 300.000 ton (kargo dengan pengatur suhu)," katanya.

Ong juga berbicara tentang bagaimana Changi Ready TaskForce telah melihat kemungkinan tantangan dalam pengangkutan vaksin.

"Salah satu contohnya adalah ketika mereka mengetahui bahwa vaksin Pfizer membutuhkan penyimpanan minus 70 derajat Celcius, mereka mulai melihat produksi es kering. Saat ini SATS dapat memproduksi empat ton es kering setiap hari. Jadi masalah oleh masalah, mereka sudah selesaikan. Mereka melakukan uji coba dan hari ini kiriman pertama sampai dengan selamat," ujarnya.

Perdana Menteri Lee Hsien Loong mengumumkan pada 14 Desember bahwa otoritas Singapura telah menyetujui vaksin Pfizer-BioNTech untuk penggunaan pandemi dan bahwa pengiriman pertama akan tiba pada akhir Desember. Pengiriman vaksin dilakukan seminggu sebelum Singapura diatur untuk memasuki Fase 3 dari pembukaan kembali pada 28 Desember.

Lee mengatakan pada Senin malam bahwa dia "senang" melihat keberhasilan pengiriman pertama, menggambarkannya sebagai "`hadiah` selamat datang yang kita semua nantikan".

Dalam sebuah posting Facebook, dia berterima kasih kepada agen dan pekerja yang memungkinkan pengiriman, dan mengatakan satuan tugas multi kementerian yang menangani wabah COVID-19 di Singapura akan mengumumkan rincian peluncuran "pada waktunya".

"Ini tahun yang panjang dan berat. Saya berharap berita ini bisa menghibur warga Singapura di musim perayaan ini, dan alasan untuk optimis di tahun 2021," katanya.

Singapura adalah salah satu dari sedikit negara pertama yang menyetujui dan mendapatkan vaksin COVID-19. Negara lain yang telah menyetujui vaksin Pfizer-BioNTech adalah Inggris, Amerika Serikat, Kanada, Swiss, Bahrain dan Qatar. Inggris, AS dan Kanada sudah melakukan latihan vaksinasi.

Lee mengatakan, vaksinasi di Singapura akan bersifat sukarela dan prioritas akan diberikan kepada mereka yang paling berisiko, seperti petugas garis depan dan perawatan kesehatan, serta orang tua dan yang rentan.

Setelah itu, Komite Ahli Vaksinasi COVID-19 telah mengusulkan secara bertahap memvaksinasi seluruh populasi dan mencakup semua orang yang menginginkan vaksinasi pada akhir tahun 2021. Vaksinasi akan gratis untuk semua warga Singapura serta penduduk jangka panjang yang saat ini berada di Singapura.

KEYWORD :

Singapura Negara Asia Vaksin Pfrizer Vaksin Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :