Jum'at, 19/04/2024 16:40 WIB

KPK Usut Penunjukan PT Sritex Sebagai Pembuat Tas Sembako Bansos Covid-19

Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri mengatakan, KPK akan memanggil pihak-pihak yang diduga terlibat untuk dimintai keterangan sebagai saksi dalam kasus yang telah menjerat politisi Partai PDI Perjuangan, Menteri Sosial nonaktif Juliari P Batubara.

Logo KPK

Jakarta, Jurnas.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan mendalami Penunjukan PT Sri Rejeki Isman Tbk atau Sritex sebagai pelaksana proyek pembuatan tas goodiebag sembako pada Bantuan Sosial (Bansos) Covid-19 Jabodetabek 2020.

Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri mengatakan, KPK akan memanggil pihak-pihak yang diduga terlibat untuk dimintai keterangan sebagai saksi dalam kasus yang telah menjerat politisi Partai PDI Perjuangan, Menteri Sosial nonaktif Juliari P Batubara.

"Penyidik masih akan melengkapi bukti, data dan informasi dengan memanggil dan memeriksa sejumlah saksi. Kami memastikan setiap informasi akan digali dan dikonfirmasi pada saksi-saksi yang diperiksa," kata Ali melalui keterangan tertulis, Senin (21/12)

Ali pun enggan membeberkan materi dan bukti-bukti dari hasil pemeriksaan saksi sebelumnya. Namun, ia mengatakan akan menyampaikan semuanya ketika proses persidangan.

"Materi penyidikan tidak bisa kami sampaikan saat ini karena semua akan terbuka pada waktunya, ketika proses persidangan yang terbuka untuk umum," ucap Ali.

Menurut pemberitaan Majalah Tempo, tercatat ada enam perusahaan yang diduga menerima proyek penyaluran bansos dari Kemensos. Selama beberapa bulan terakhir, mereka mendapat jutaan proyek paket bansos dengan nilai anggaran rata-rata di atas Rp300 miliar.

PT Sritex adalah satu dari enam perusahaan yang ditunjuk Kemensos untuk menggarap proyek pembuatan tas kain guna penyaluran bansos. Padahal, rencana awal proyek ini dijanjikan diberikan kepada perusahaan kecil dan menengah (UMKM).

Joy Citra Dewi selaku Head of Corporate Communication Sritex menanggapi hal itu, ia mengatakan bahwa pihaknya menerima pesanan tas untuk sembako dari Kementerian Sosial (Kemensos) pada bulan April lalu.

"PT Sri Rejeki Isman Tbk mendapatkan pemesanan tas goodiebag untuk bansos oleh Kemensos pada bulan April lalu. Inquiry tersebut diterima oleh pihak marketing kami langsung dari Kemensos dan telah diproses sesuai dengan prosedur yang berlaku," kata Joy dalam keterangannya saat dikonfirmasi.

Selain itu, menurut investigas Majalah Tempo, bahwa nama PT Sritex muncul setelah mendapat rekomendasi dari anak Presiden Joko Widodo yang maju di Pilkada Solo, Gibran Rakabuming Raka.

Menanggapi hal itu, manajemen PT Sritex membantah dan mengatakan bahwa pihaknya tak pernah berinisiatif untuk meminta proyek pembuatan tas kain penyaluran bansos Covid-19 di Jawa Tengah.

"Kami juga ingin mengklarifikasi bahwa tudingan yang beredar mengenai adanya rekomendasi dari Gibran Rakabuming Raka itu tidak benar. Kami menghormati proses hukum yang berlaku dan berharap isu ini dapat segera dituntaskan dengan baik," ucap Joy.

 
KEYWORD :

KPK Bansos Pilkada Juliari P Batubara Joko Widodo Gibran Rakabuming




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :