Sabtu, 20/04/2024 08:38 WIB

Arab Saudi Mulai Suntikan Vaksin COVID-19 Pfizer-BioNTech Akhir Tahun

Arab Saudi Mulai Suntikan Vaksin COVID-19 Pfizer-BioNTech Akhir Tahun.

Vaksin virus corona baru (COVID-19) buatan Pfizer. (Foto: Reuters)

Jeddah, Jurnas.com - Penduduk Arab Saudi akan mendapatkan suntikan vaksin virus corona baru (COVID-19) sebelum akhir tahun menyusul persetujuan Kerajaan atas vaksin Pfizer-BioNTech minggu ini.

Dilansir dari Arab News, Wakil Menteri Kesehatan Masyarakat Arab Saudi, Hani Jokhdar mengatakan, penyuntikan vaksin akan dimulai sebelum akhir tahun. Pasokan pertama akan tiba di Kerajaan dalam beberapa hari.

Direktur pelaksana perusahaan farmasi SaudiVax, Mazen Hassanain mengatakan bahwa vaksin akan menjadi pilihan bagi masyarakat.

Kementerian Kesehatan Arab Saudi mengatakan, tahap pertama kampanye imunisasi, yang akan dimulai sebelum akhir tahun akan berlanjut hingga Maret.

Vaksin akan diprioritas kepada mereka yang berusia di atas 65 tahun, petugas kesehatan, penderita obesitas, individu dengan penekan auto-imun atau yang menderita penyakit auto-imun, dan yang menderita penyakit kronis.

Fase kedua akan berlangsung dari Maret hingga Juni, dan akan mencakup mereka yang berusia di atas 50 tahun dan mereka yang menderita asma, diabetes, penyakit jantung kronis, penyakit paru obstruktif kronik, atau kanker.

Para guru dan pendidik akan diikutsertakan dalam tahap inokulasi mulai Juli, sedangkan pekerja sektor swasta dan pemerintah akan diberikan vaksin mulai September mendatang.

Kementerian mengatakan vaksin COVID-19 akan gratis untuk semua penduduk mulai September mendatang di pusat-pusat yang ditunjuk.

Arab Saudi mencatat 168 kasus COVID-19 baru pada Jumat (11/12) meningkatkan total menjadi 359.583.

Lima wilayah mencatat angka dalam satu digit. Wilayah Riyadh mencatat 45 kasus, diikuti oleh Makkah dengan 35 dan Provinsi Timur dengan 27.

Jumlah kasus aktif turun menjadi 3.452 kemarin, dengan 526 dalam perawatan kritis. Sebanyak 236 pemulihan lebih lanjut membuat total menjadi 350.108, dengan tingkat pemulihan Kerajaan tetap stabil di 97,3 persen.

Sebelas orang meninggal karena komplikasi dari infeksi tersebut, meningkatkan jumlah kematian secara keseluruhan menjadi 6.023.

Sebanyak 41.267 uji reaksi berantai polimerase dilakukan dalam 24 jam terakhir, meningkatkan total menjadi 10,3 juta

KEYWORD :

Vaksin China Vaksin Gratis Vaksin Pfizer Pfizer-BioNTech




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :