Kamis, 25/04/2024 13:59 WIB

CCTV Tol Mati, GM Jasa Marga Mesti Tanggung Jawab

Berkaitan dengan kasus Cikampek antara ormas dan aparat, dan saat kejadian itu CCTV tidak berfungsi, Tulus mengatakan, kalau soal penyerangan soal lain. Tetapi fungsi CCTV itu menjadi sangat urgen dalam  kasus ini. 

ilustrasi Tol (Foto : Jurnas/Ist).

Jakarta, Jurnas.com - Ketua Komisi VI DPR RI yang membidangi BUMN, Faisol Riza mengatakan, jasa marga mesti bertanggung jawab terjadinya kerusakan CCTV di jalan tol. Pasalnya, telah terjadi kelalaian dan merugikan konsumen.

"Mesti dievaluasi. Kalau memang rusak dan tidak ada pemeliharaan itu berarti kelalaian dan merugikan konsumen. Jasa marga harus bertanggungjawab," ujar Faisol.

Hal itu dikemukakan, rusaknya CCTV yang merupakan sarana vital bagi konsumen di jalan tol untuk merekam kejadian atau peristiwa sebagai bukti bila terjadi kecelakaan atau pelanggaran lalu lintas.

"Jadi tidak serta merta bersamaan dengan terjadinya bentrok antara ormas dengan aparat yang belum lama ini terjadi. Tapi kejadian-kejadian lainnya," ujar Faisol.

Sementara itu, Ketua Pengurus Harian  Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi mengatakan, dalam kasus CCTV mati di jalan tol, menjadi tanggung jawab General Manager (GM) ruas tol Cikampek.

"Sekelas jasa marga kok ngurus cctv ngga beres. Bagaimana kalau mau mengawasi  pelayanan jalan tol? Ini menandakan tidak ada managemen control di jasa marga  kalau itu betul rusak sejak  6/12," ujar Tulus.

Dengan kasus tersebut, YLKI  minta agar seluruh CCTV diaudit keandalannya. Dan meminta agar CCTV menjadi  bagian standar pelayanan minimal. "Jika CCTV  tidak berfungsi maka tidak patut naik tarif. Dan kalau perlu tarifnya diturunkan,"ujar Tulus.

Berkaitan dengan kasus Cikampek antara ormas dan aparat, dan saat kejadian itu CCTV tidak berfungsi, Tulus mengatakan, kalau soal penyerangan soal lain. Tetapi fungsi CCTV itu menjadi sangat urgen dalam  kasus ini. 

"Karena  menyangkut rekaman sebagai  alat bukti kejadian tersebut. juga  jika terjadi kecelakaan lalin. Secara  teknis kerusakan CCTV menjadi tanggung jawab GM (General Manager)  ruas tol Cikampek," ujar Tulus.

KEYWORD :

Jasa Marga Front Pembela Islam CCTV Mati




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :