Kamis, 25/04/2024 12:27 WIB

Menristek Dorong UMKM Manfaatkan Teknologi Digital

Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/Kepala BRIN) Bambang PS Brodjonegoro mendorong pemanfaatan teknologi digital, dalam rangka mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Menteri Riset dan Teknologi/Kepala BRIN Bambang Brodjonegoro (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/Kepala BRIN) Bambang PS Brodjonegoro mendorong pemanfaatan teknologi digital, dalam rangka mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Hal itu disampaikan saat melakukan kunjungan kerja ke Subang, Jawa Barat pada Senin (7/12) untuk meninjau penggunaan Teknologi Tepat Guna (TTG) yang telah diaplikasikan di Pusat Penelitian Teknologi Tepat Guna (P2TTG), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Menristek melanjutan, teknologi tepat guna dapat membantu terciptanya ekosistem kondusif untuk perkembangan usaha kecil menengah, sehingga menghasilkan produk-produk inovatif berdaya saing tinggi.

"Kami ingin memperlihatkan apa yang sudah dikerjakan cukup lama di P2TTG LIPI ini, semoga nantinya bisa langsung digunakan demi kebutuhan pengembangan UMKM. Tetap, teknologi tepat guna itu perlu memenuhi tiga kriteria, yaitu mudah (user friendly), kedua murah maksudnya terjangkau harganya jangan sampai memberatkan pengusaha UMKM sehingga terbatas aksesnya dan kesulitan untuk bersaing, ketiga relevan maksudnya teknologi yang dibuat sesuai kebutuhan," kata Menristek/Kepala BRIN.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyampaikan bahwa produk UMKM di masa pandemi ni perlu ditingkatkan standar daya saingnya menjadi standar global.

Diharapkan dengan adanya peningkatan daya saing, produk yang dihasilkan tidak kalah dari produk impor.

"Kita mencoba mengembangkan UMKM pada sektor yang kita unggul salah satunya seperti perikanan dan pertanian. Kerjasama dengan penerapan teknologi tepat guna ini sangat penting, karena selama ini UMKM tentu belum mempunyai kemampuan untuk melakukan RnD," terang Teten Masduki.

Menteri Bambang dan Menteri Teten mengunjungi pameran mini beberapa UMKM yang mendapat alih teknologi dari P2TTG, yang menampilkan produk-produk hasil riset dan inovasinya.

Beberapa di antaranya adalah alat roaster kopi serta stan olahan pangan seperti mi jagung Aitamie bebas pengawet dan pewarna sintetis serta Probarz (Banana Snack Bar).

Selain itu, ada alat pembakar Lemang semi otomatis yang merupakan kerjasama LIPI Subang dengan Pemerintah Kota Tebing Tinggi.

KEYWORD :

UMKM Teknologi Digital Menristek Bambang Brodjonegoro




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :