Selasa, 16/04/2024 17:30 WIB

Kesadaran Masyarakat Faktor Penting Tangkal Informasi Hoaks

Informasi tidak benar alias hoaks terus berkembang di tengah era digital saat ini. Berita hoaks tidak bisa dibasmi atau hilang sepenuhnya.

Wakil Ketua DPR RI, Aziz Syamsuddin

Jakarta, Jurnas.com - Informasi tidak benar alias hoaks terus berkembang di tengah era digital saat ini. Berita hoaks tidak bisa dibasmi atau hilang sepenuhnya.

Demikian Wakil Ketua DPR RI, Azis Syamsuddin dalam diskusi Empat Pilar MPR RI bertajuk `Waspada Hoaks Jelang Pilkada 9 Desember`, di Media Center Parlemen, Senayan, Senin (7/12).

Bukan tanpa alasan, menurut Aziz, selama publik masih mengakses ruang digital seperti media sosial, maka kabar bohong akan tetap ada.

"Yang namanya hoaks dibasmi 100% susah, karena barang ini tetap hidup dan tetap ada selagi kita menggunakan IT dan itu berkembang dari waktu ke waktu pasti akan ada," kata dia.

Menurut Aziz, kesadaran masyarakat terhadap informasi atau berita bohong di ruang digital juga menjadi faktor penting dalam upaya meminimalisir penyebarannya. 

Sebab, bagaimana pun suatu berita atau informasi, merupakan khasanah untuk menambah ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi semua kalangan.

"Sekarang bagaimana kita mencegahnya hoaks ini, tentu mencegah hoaks ini harus dilakukan dengan cara pemerintah bertindak tegas, disinilah perannya daripada Menteri Kominfo," terang politikus Golkar itu.

"Pak Johnny G Plate (Menteri Kominfo,red) dengan jam terbang yang cukup mendekati F-16 ini dalam posisi jam terbang tinggi tentu bisa mengatasi konten-konten yang hoaks ini," demikian kata Aziz.

KEYWORD :

Pimpinan DPR Aziz Syamsuddin Hoaks Digital Media Sosial




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :