Jum'at, 26/04/2024 04:28 WIB

Polbangtan Yogyakarta Magelang Gelar Pelatihan Teknik Pengubinan Cabai

Data produktivitas ubinan biasanya digunakan untuk memberikan potensi hasil tanaman dari suatu luasan tertentu.

Yogyakarta Magelang dengan mengadakan pelatihan pengubinan komoditas hortikultura cabai dan bawang merah di Kapanewon Berbah dan Depok Sleman tepatnya di BP4 Wilayah VII Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jakarta, Jurnas.com - Polbangtan Yogyakarta Magelang dengan mengadakan pelatihan pengubinan komoditas hortikultura cabai dan bawang merah di Kapanewon Berbah dan Depok Sleman tepatnya di BP4 Wilayah VII Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi mengatakan, pengembangan industri komoditas hortikultura sangat menjanjikan, seperti cabai.

Direktur Polbangtan Yogyakarta Magelang, Rajiman  menjelaskan, ubinan merupakan salah satu cara untuk memperoleh data produktivitas suatu tanaman. Data produktivitas ubinan biasanya digunakan untuk memberikan potensi hasil tanaman dari suatu luasan tertentu. Pada ilmu statistika, ubinan merupakan sampel.

Data produktivitas hasil ubinan banyak digunakan untuk mengumpulkan data produktivitas terutama pada tanaman PAJALE-BABE sesuai dari program Dinas Pertanian, yaitu padi, jagung, kedelai, bawang dan cabai.

Ina Fitria salah satu pendamping pelatihan dari Polbangtan Yogyakarta Magelang menambahkan, teknik pengubinan dilakukan dengan memilih blok pada tempat dan luasan tertentu yang mewakili sebagian dari luas lahan yang akan diperkirakan potensi hasinya. "Luas ubinan yang biasa digunakan adalah 2,5 x 2,5 meter," ujarnya.

Matius Eko Prasetyo dari Badan Pusat Statistik Kabupaten Sleman, salah satu pemateri dalam pelatihan yang diikuti oleh 15 orang penyuluh mengatakan, Kabupaten Sleman terdapat pasar lelang cabai yang sebagian besar diserap pedagang besar dari luar daerah.

"Meskipun saat ini produksi cabai umumnya dalam kondisi off season, namun barang yang dilelang di pasar tersebut masih mampu menembus kisaran angka 1,5 ton hingga 3 ton," ujar Matius.

Tingginya harga cabai turut dipengaruhi faktor cuaca. Beberapa pekan lalu, wilayah Jawa Barat yang dikenal sebagai sentra cabai dilanda banjir sehingga mengakibatkan tanaman cabai gagal panen.

Berdasar data yang dilansir Direktorat Pengolahan dan Pemasaran Hasil Hortikultura, kebutuhan konsumsi cabe besar saja mencapai 254.670 ton per bulan dengan produksi 281.712 ton atau surplus 27.042 ton.

Stok cabai dalam negeri selalu mencukupi hanya saja terkendala di pola distribusinya. Bagaimana satu daerah yang surplus, bisa menyuplai daerah yang minus dari sisi produksi. Jika, aspek distribusi bisa benar-benar optimal, maka stok dan harga terjaga stabilitasnya.

Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo mendorong cabai di skala agrobisnis dan agro industri. "Early Warning System (EWS) yakni sistem informasi mengenai ketersediaan stok komoditas hortikultura jelas sangat membantu," ujarnya.

 

KEYWORD :

Yogyakarta Magelang dengan mengadakan pelatihan pengubinan komoditas hortikultura cabai dan bawang




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :