Kamis, 25/04/2024 20:10 WIB

Jalan Lintas Sumatera di Bunut Kecamatan Sosa, Amblas

Amblasnya badan jalan diperparah akibat retaknya gorong-gorong jalan yang telah dipasangi tali pembatas.

Kondisi badan jalan lintas Sumatera (Jalinsum) di desa Bunut Kecamatan Sosa. (Foto: Ist)

Padanglawas, Jurnas.com - Jalan lintas Sumatera (Jalinsum) yang menguhubungkan Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dengan Riau, tepatnya di Desa Bunut, Kecamatan Sosa, Kabupaten Padanglawas (Palas), amblas dan rusak parah.

Para pengguna jalan diminta berhati-hati jika melintas di daerah tersebut. Kondisi badan jalan terlihat telah mengalami kerusakan serius. Oleh warga sudah dipasang rambu-rambu agar pengguna jalan waspada karena hamper separoh badan jalan telah amblas.

Amblasnya badan jalan diperparah akibat retaknya gorong-gorong jalan yang telah dipasangi tali pembatas.

Irwan (30), warga setempat mengatakan, kerusakan badan jalan sudah cukup lama terjadi tanpa ada penanganan dan perbaikan dari pemerintah. Kemudian diperparah tingginya curah hujan saat ini. "Jalan penghubung antar provinsi ini dikhawatirkan akan amblas dan putus total, bila terus dibiarkan di musim penghujan saat ini," ucapnya.

Sementara itu Arifin, seorang pengguna jalan juga menyampaikan ke khawatirannya terprosok saat melintas di Jalinsum itu.

Katanya, kondisi tersebut sudah sangat mengkhawatirkan dan mengancam keselamatan pengendara saat melintasi wilayah itu. Utamanya pada malam hari, ditambah akibat minimnya penerangan jalan dilokasi.

Selain itu kata Herianto, dilokasi tersebut juga kerap terjadi pemandangan kemacetan panjang saat truk-truk perusahaan di wilayah tersebut melintas. "Sudah badan jalan yang terancam putus, sempit lagi. Hampir setiap hari terjadi kemacetan,". jelasnya.

Atas kondisi itu, ia berharap pemerintah Povinsi Sumut melalui Dinas Bina Marga bisa segera menangani kerusakan jalan itu sebelum benar-benar putus total dan menelan korban.

"Masyarakat berharap bapak Gubernur bisa secepatnya merespon kondisi Jalinsum yang sewaktu waktu bisa memakan korban," harapnya.

KEYWORD :

Padanglawas Jalinsum Rusak Hujan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :