Sabtu, 20/04/2024 07:38 WIB

Indonesia Tegaskan Kembali Dukungan untuk Kemerdekaan Palestina

Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi menegaskan kembali dukungan kuat NKRI untuk kemerdekaan Palestina.

Ilustrasi bendera Palestina dan Indonesia (foto: google)

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi menegaskan kembali dukungan kuat NKRI untuk kemerdekaan Palestina.

Hal itu disampaikan selama panggilan telepon dengan mitranya dari Palestina Riyad Al-Maliki, Marsudi menanyakan tentang dialog antara Hamas dan Fatah dan persiapannya untuk mengakhiri perpecahan internal, Kamis (26/11).

Pada bulan September, delegasi dari kedua gerakan bertemu di Istanbul dan sepakat untuk meletakkan visi untuk dialog nasional yang komprehensif dalam kemitraan dengan semua faksi Palestina.

Namun, Selasa lalu, PA dan Fatah mengumumkan dimulainya kembali kerja sama keamanan dengan Israel, tindakan yang dikritik keras oleh semua faksi Palestina dan digambarkan sebagai "tusukan di belakang kemitraan potensial".

Para menteri luar negeri juga membahas hasil pemilu AS dan dampaknya terhadap perjuangan Palestina, dengan Marsudi mengatakan Presiden terpilih Joe Biden yang menjabat di Gedung Putih harus menunjukkan prospek yang lebih baik untuk proses perdamaian Israel-Palestina.

Ia melanjutkan dengan mengundang Al-Maliki ke Indonesia, menegaskan kesediaannya untuk bekerja sama dengan Negara Palestina di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan forum regional dan internasional lainnya.

Indonesia, negara mayoritas Muslim, adalah anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB dan menyampaikan salah satu tujuan utamanya di dewan dalam menangani masalah Palestina.

Indonesia tidak memiliki hubungan formal dengan negara pendudukan Israel sejak dibentuk di tanah Palestina pada tahun 1948 . Untuk mendukung Palestina, Indonesia mengeluarkan pembebasan pajak atas impor Palestina.

Sebaliknya, Israel telah mengambil langkah-langkah lunak terhadap Indonesia seperti melarang wisatawan dari negara tersebut tetapi telah membuat tawaran dalam beberapa tahun terakhir untuk mempengaruhi proses normalisasi.

KEYWORD :

Kemerdekaan Palestina Menteri Luar Negeri Retno Marsudi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :