Kamis, 25/04/2024 16:49 WIB

Maroko Kutuk Tindakan Vandalisme di Spanyol

Maroko mengutuk tindakan vandalisme dan kekerasan yang menargetkan konsulat kerajaan di kota Valencia, Spanyol.

Skyline of Valencia, Spanyol [Ccmaracay2 / Wikipedia]

Jakarta, Jurnas.com - Maroko mengutuk tindakan vandalisme dan kekerasan yang menargetkan konsulat kerajaan di kota Valencia, Spanyol.

Duta Besar Maroko untuk Spanyol, Karima Benyaich mengatakan kedutaan sedang menindaklanjuti tindakan vandalisme yang dilakukanoleh pendukung Front Polisario

"Tindakan kriminal dan tidak bertanggung jawab ini dilakukan oleh sekelompok penjahat yang disponsori oleh geng separatis Polisario," katanya dilansir Middleeast, Kamis (19/11).

Dia menambahkan bahwa pendukung Polisario mengganti bendera Maroko di konsulat di Valencia dengan bendera Republik Demokratik Arab Sahrawi.

"Sebagai duta besar untuk Yang Mulia Mohammed VI di Spanyol, saya ingin mengungkapkan kemarahan dan kecaman kami yang luar biasa dalam istilah terkuat atas tindakan vandalisme dan kekerasan ini," ujarnya.

Serangan ini, lanjutnya, menegaskan dan menyoroti tanpa keraguan, mirip dengan apa yang terjadi di penyeberangan Guerguerat, orientasi terlarang dari para sponsor tindakan kriminal ini.

Tindakan vandalisme itu terjadi sebagai tanggapan terhadap operasi militer Maroko untuk menghentikan apa yang disebut Kementerian Luar Negeri sebagai "provokasi berbahaya" dari Front Polisario di perbatasan Guerguerat pekan lalu.

Ini terjadi setelah tiga minggu meningkatnya ketegangan antara Rabat dan Front Polisario, sebagai akibat dari keputusan terakhir untuk mencegah truk Maroko menggunakan penyeberangan untuk melakukan perjalanan ke Mauritania.

Konflik antara Maroko dan Front Polisario atas Sahara Barat meletus pada tahun 1975, setelah pendudukan Spanyol berakhir. Itu berubah menjadi konfrontasi bersenjata yang berlangsung hingga 1991 dan diakhiri dengan penandatanganan perjanjian gencatan senjata, di mana Guerguerat ditetapkan sebagai zona penyangga.

Rabat menegaskan haknya untuk memerintah wilayah tersebut, namun tetap mengusulkan pemerintahan otonom di Sahara Barat di bawah kedaulatannya, tetapi Front Polisario menginginkan referendum untuk membiarkan rakyat menentukan masa depan wilayah tersebut. Aljazair telah mendukung proposal Front dan menampung pengungsi dari wilayah tersebut.

KEYWORD :

Dubes Maroko Tindakan Vandalisme Valencia Spanyol




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :