Jum'at, 19/04/2024 16:40 WIB

Sapa Warga Demak, Gus AMI Paparkan Tiga Solusi Penanganan Covid-19

Bangsa Indonesia bisa bertahan di tengah Covid-19 karena punya kekuatan, solidaritas dan bahu membahu serta saling menopang satu sama lain

Wakil Ketua DPR, Muhaimin Iskandar (Gus AMI)

Jakarta, Jurnas.com - Bangsa Indonesia bisa bertahan di tengah Covid-19 karena punya kekuatan, solidaritas dan bahu membahu serta saling menopang satu sama lain.

Demikian dikatakan Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar atau Gus AMI dalam surat elektronik yang diterima, Rabu (18/11/2020).

Hal yang sama diutarakannya saat menyapa warga Demak secara virtual, kemarin.

"Kekuatan ini yang tidak dimiliki negara lain. Pemerintah juga berbuat baik dengan kebijakan-kebijakannya. Karena itu mari kita solidkan barisan dan kekompakan, insyaallah dengan itu bisa meredam covid-19,” terangnya.

Menurut Gus AMI, tidak ada pilihan bagi setiap elemen masyarakat kecuali tetap eksis, mandiri, kuat dan menjalankan semua aktifitas yang mampu dilakukan dengan baik. Menurunnya daya beli masyarakat juga terjadi karena semua industri macet dan mengakibatkan PHK.

Kepada warga Demak, Gus AMI mengutarakan tiga penanganan darurat yang didorong di Parlemen.

Pertama, darurat pendidikan harus diantisipasi dengan baik. Gus AMI bersyukur pesantren sejauh ini hadir menjadi solusi darurat pendidikan yang terbaik hari ini. Pesantren telah memberikan jalan keluar saat pendidikan jarak jauh (PJJ) tidak efektif.

"Oleh karena itu, saya berpesan Bu Esti maupun Pak Ali Makhsun saya minta pendidikan dijadikan prioritas, terutama di pesantren. Saya juga sudah meminta Mendikbud untuk turun melihat fakta itu. Demak harus menjadi contoh bagi Indonesia dan negara lain,” jelas Gus AMI.

Kedua, darurat ekonomi. Gus AMI menyatakan, darurat ekonomi perlu diantisipasi baik oleh pemerintah maupun pelaku usaha dan lembaga pendidikan yang mencetak kapasitas dan pelaku usaha sebanyak mungkin.

"Bu Esti saya minta UKM ini harus menjadi motor penggerak ekonomi di Demak. Saya juga mendorong pesantren mencetak enterpreneurship sebanyak mungkin. Negara maju jika 2,5 persen penduduknya adalah enterpreneur,” tutur Gus AMI.

Ketiga, kerawanan-kerawanan krisis. Baik ekonomi yang bisa berdampak pada ketimpangan, krisis sosial yang menyebabkan kekerasan, perpecahan dan kriminalitas yang meningkat.

Gus AMI menyatakan, tidak ada pilihan bahwa jalan menyelesaikan persoalan itu adalah dengan menggalakkan infaq, sodaqoh dan zakat. Ketiganya bisa menjadi solusi bagi krisis sosial di tengah pandemi Covid-19.

"Saya instruksikan kader PKB menjadi motor mengoptimalkan kebijakan infaq, zakat dan sodaqoh di Demak. Dan Insyaallah kalau pasangan nomor 1 ini menang, semua itu akan kita atasi,” tukas Gus AMI.

Dalam kesempatan itu, hadir secara virtual Nelayan Bonang, Petani Dempet, Guru ngaji di Mranggen, dan pelaku UMKM di Pasar Wonosalam.

Hadir pula Sekretaris Fraksi PKB DPR RI, Fathan Subchi, Ketua DPW PKB Jateng, KH. Yusuf Chudlory dan Sekretaris DPW Jateng, Sukirman. 

KEYWORD :

DPR PKB Demak Muhaimin Iskandar Gus AMI Covid-19




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :