Rabu, 24/04/2024 09:25 WIB

Mendikbud Dorong PKN Angkatan XV Hadirkan Lompatan Kemajuan

Kegiatan yang dimulai Juli lalu itu digelar dengan metode campuran (blended) antara luring melalui tatap muka di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kepegawaian (Pusdiklat), dan secara daring.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim (Foto: YouTube)

Jaarta, Jurnas.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim resmi menutup Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Angkatan XV 2020.

Kegiatan yang dimulai Juli lalu itu digelar dengan metode campuran (blended) antara luring melalui tatap muka di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kepegawaian (Pusdiklat), dan secara daring.

Dalam sambutannya, Nadiem mengakui tidak mudah mengemban amanah yang lebih besar ketika kita semua sedang dihadapkan dengan tantangan multidimensional.

"Tapi, saya yakin, dengan ilmu yang diperoleh dari pelatihan ini, serta kepemimpinan dan keteladanan bapak dan ibu, masyarakat dapat terbantu agar segera bangkit dan pulih dari dampak pandemi," ujar Nadiem pada Selasa (17/11).

Mendikbud berharap, ilmu yang didapatkan peserta selama pelatihan dapat menjadi bekal untuk menghadirkan terobosan-terobosan dan lompatan-lompatan kemajuan untuk mewujudkan Indonesia Maju.

Senada dengan itu, Sekretaris Jenderal (Sesjen) Kemdikbud Ainun Na`im berharap pelatihan ini dapat membentuk sosok pemimpin yang inspiratif, adaptif, dan kreatif, sehingga dapat menjadi pemimpin yang unggul di bidangnya.

Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II telah diselenggarakan tanggal 28 Juli hingga 14 November 2020 lalu. Kegiatan yang digelar oleh Pusdiklat Pegawai, Kemendikbud didampingi Lembaga Administrasi Negara (LAN), dengan mengusung tema `Membangun Kepemimpinan Strategis untuk Menghasilkan Pendidikan Berkualitas dan Sumber Daya Manusia Unggul`.

Kepala LAN, Adi Suryanto mengapresiasi mengapresiasi Pusdiklat Kemendikbud dan para pimpinan instansi kementerian yang tetap menyelenggarakan kegiatan ini meski di tengah pandemi Covid-19.

"Ini adalah ceminan proses pembelajaran kolaboratif yang dilakukan dengan metode baru," ujarnya.

Peserta PKN tahun ini terdiri dari 51 orang berasal dari Kemdikbud, tiga orang dari dinas pendidikan, satu orang dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas, dan lima orang dari Kepolisian Republik Indonesia. Para peserta merupakan pejabat tinggi pratama dan pejabat administrator yang telah dinyatakan lulus seleksi.

Sebagai rangkaian kegiatan, peserta PKN Tingkat II Angkatan XV telah melakukan visitasi secara virtual ke beberapa tempat, yaitu Universitas Kebangsaan Malaysia, Beijing University of Chemical Technology, Jiangsu Vocational Institute of Architectural Technology, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Walikota Semarang serta Pemerintah Kabupaten Banyuwangi dan Pondok Pesantren Modern Gontor.

KEYWORD :

Mendikbud Nadiem Anwar Makarim Pelatihan Kepemimpinan Nasional




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :