Kamis, 25/04/2024 20:43 WIB

Vaksin Covid-19 Berpotensi Buat Pasar Minyak Mentah Stabil

harga minyak mentah melonjak ke level tertinggi pada 2020 setelah Pfizer dan perusahaan bioteknologi Jerman BioNTech mengumumkan terobosan vaksin untuk Covid-19.

Pemandangan dari laboratorium selama proses pengembangan vaksin untuk virus corona (COVID-19) di laboratorium di Ankara, Turki pada 12 Oktober 2020. [Kementerian Kesehatan Turki - Anadolu Agency]

Jakarta, Jurnas.com - Seorang analis Bloomberg Tamas Varga mengatakan, pasar minyak dapat memanfaatkan prospek vaksin virus corona yang dikembangkan oleh Pfizer Inc. dan BioNTech untuk menjadikan pasar tetap stabil.

Pekan lalu, harga minyak mentah melonjak ke level tertinggi pada 2020 setelah Pfizer dan perusahaan bioteknologi Jerman BioNTech mengumumkan terobosan vaksin untuk Covid-19.

Menurut Tamas, penemuan semacam itu akan meredakan kekhawatiran tentang permintaan yang didorong konsumen, terutama untuk bahan bakar, meskipun itu akan menjadi kuartal pertama 2021 paling awal sebelum vaksin tersedia secara luas.

Minyak mentah Brent mengakhiri perdagangan Jumat naik 8,4 persen menjadi $ 42,78 per barel pekan ini. Namun Kemungkinan perubahan pakta OPEC + menyebabkan lonjakan harga minyak 6%

Tamas Varga dengan pialang minyak London PVM mengatakan peningkatan pasar minyak mentah untuk sebagian besar minggu ini, benar atau salah, pada berita vaksin.

"Dengan pertemuan OPEC + berikutnya dua minggu lagi, kami dapat mengharapkan retorika yang lebih sering tentang pelonggaran dan pendalaman kendala pasokan saat ini," kata Varga.

"Retorika ini diharapkan memiliki pengaruh besar pada harga minyak, menurut saya. Dengan berita di belakang kami, pasar mungkin melihat ke OPEC untuk mendapatkan petunjuk," tambahnya.

Menurut sebuah laporan oleh Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC), 12 perusahaan penghasil minyak yang diperdagangkan secara publik di dunia membukukan total kerugian bersih lebih dari $ 20 miliar pada kuartal pertama tahun 2020 karena penyebaran virus corona baru. (COVID-19) membuat transportasi global hampir berhenti total.

Permintaan yang rendah mendorong harga minyak mentah anjlok pada bulan April ke level terendah sejak 1999.

KEYWORD :

Vaksin Covid-19 Minyak Mentah




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :