Sabtu, 20/04/2024 14:19 WIB

Luar Negeri

Usai Cuci Darah, Kesehatan Raja Thailand Tidak Stabil

Pada Sabtu (9/10) Raja  menjalani hemodialisis, cara membersihkan darah dari racun, serta garam dan cairan berlebih, yang membuat tekanan darahnya kadang turun.

Bangkok - Kondisi kesehatan Raja Thailand,  Bhumibol Adulyadej yang berusia 88 tahun ini, dalam keadaan tidak stabil setelah menjalani hemodialisis  atau yang dikenal dengan proses medis untuk membersihkan darah.

Menurut kalangan istana yang dilansir Reuters, Raja yang paling memerintah ini, menjalani perawatan untuk berbagai penyakit dalam setahun terakhir di Siriraj Hospital, Bangkok. Dan terakhir terlihat di hadapan publik pada 11 Januari, ketika dia menghabiskan beberapa jam mengunjungi istananya di Ibu Kota.

Kecemasan mengenai kesehatan Raja dan pada akhirnya suksesi telah menjadi latar belakang dalam perpecahan politik pahit satu dekade lebih di Thailand, yang meliputi dua kudeta militer dan demonstrasi di jalanan yang sering berujung kekerasan.

Pernyataan Istana tentang kesehatan Raja pada Minggu adalah yang kedua dalam bulan ini setelah Istana pada 1 Oktober menyatakan bahwa Raja sembuh dari infeksi pernafasan.

Pada Sabtu (9/10) Raja  menjalani hemodialisis, cara membersihkan darah dari racun, serta garam dan cairan berlebih, yang membuat tekanan darahnya kadang turun.

Para dokter memberi dia sejumlah obat dan menggunakan ventilator untuk mengembalikan tekanan darahnya menjadi normal. Mereka terus memantau kondisinya saat ini. "Kondisinya belum stabil," kata Istana.

KEYWORD :

Raja Thailand Sakit Bhumibol Adulyadej




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :