Sabtu, 20/04/2024 21:07 WIB

Komisi Tetapkan 11 November Hari Sales Indonesia

Founder Komisi, Dedy Budiman mengatakan, penetapan Hari Sales Indonesia ini bertujuan meningkatkan kepercayaan diri dan kebanggaan terhadap profesi sales.

Peluncuran Hari Sales Indonesia (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Komunitas Sales Indonesia (Komisi) meluncurkan Hari Sales Indonesia yang jatuh pada 11 November setiap tahunnya, pada Kamis (12/11) melalui peringatan daring.

Founder Komisi, Dedy Budiman mengatakan, penetapan Hari Sales Indonesia ini bertujuan meningkatkan kepercayaan diri dan kebanggaan terhadap profesi sales.

Dia mengatakan sudah tidak zamannya lagi menyembunyikan istilah sales dengan kata yang disamarkan seperti kontraktor, marketing, account eksekutif dikarenakan malu menyandang status salesman, meskipun mencintai dunia sales.

"Di tanggal cantik 11-11-2020 ini cocok sekali diluncurkan Hari Sales sebagai sebuah batu loncatan untuk membangkitkan ekonomi Indonesia di masa pandemi Covid-19 yang telah membuat ekonomi seluruh dunia melambat, agar Indonesia segera keluar dari jebakan krisis ekonomi. Hari Buruh ada, Hari Bangunan ada, Hari Pelanggan ada, maka perlu juga adanya Hari Sales yang bergerak sebagai motor pembangunan," ujar Dedy.

Pada 2018 silam, Komisi dengan mendirikan badan hukum Asosiasi Komunitas Profesi Sales Indonesia yang disingkat tetap dengan istilah sebelumnya yaitu Komisi, suatu kata yang lekat dengan dunia penjualan.

Komisi menetapkan visi menjadikan profesi sales sebagai profesi pilihan terbaik, dengan misi memberikan informasi kepada masyarakat tentang profesi sales sebagai pilihan terbaik, memberikan pelatihan tentang salesmanship, memberikan pembekalan tentang sales ethic dan profesionalisme sales.

Ketua Umum Komisi, Indra Hadiwidjaja menyatakan bahwa deklarasi 11 November sebagai Hari Sales Indonesia diyakini mampu menumbuhkan semangat jualan bagi seluruh lapisan masyarakat, menumbuhkan atensi masyarakat akan profesi sales, membantu meningkatkan kepercayaan diri para sales di seluruh Indonesia dan mendorong masyarakat Indonesia untuk tumbuh sebagai generasi tangguh profesional, bermoral, sekaligus memiliki penghasilan yang tinggi.

Sementara itu, Sekar Tyas Nareswari, Ketua panitia HUT dan HARSINDO yang sekaligus Ketua Komisi DPD Yogyakarta, mengungkapkan bahwa kegiatan daring ini sebenarnya dirancang akibat adanya Covid-19.

"Sesuai tradisi tahun ke tahun, para anggota komunitas sales bergantian ke kota yang disepakati setahun sebelumnya, dan kali ini Yogyakarta sebagai tempat untuk merayakan ulang tahun event seminar untuk para sales yang biasanya diikuti seribu peserta. Namun kondisi pandemi yang harus meminimalkan orang berkumpul dalam waktu bersamaan, maka dibuatlah dalam bentuk virtual dan dapat dinikmati dari segala tempat melalui gadget masing-masing," papar Sekar

"Uniknya, seluruh rangkaian acara ini dikerjakan sendiri oleh para Sales di seluruh Indonesia. Mulai dari talent, videographer, MC, editor video, content creator. Jadi Sales harus serba bisa dan fleksibel dalam menghadapi situasi. Sales merubah kata ‘saya tidak bisa’ menjadi ‘ajari saya sampai bisa," sambung dia.

KEYWORD :

Hari Sales Indonesia Komisi Dedy Budiman




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :