Jum'at, 19/04/2024 08:57 WIB

Sering Pikun? Ayo Ngopi

Laki-laki yang minum tiga cangkir kopi sehari memiliki tingkat penurunan kognitif lebih rendah selama 10 periode dibandingkan mereka yang tidak minum kopi.
 

Ilustrasi kopi (foto: Live Science)

Jakarta - Pikun merupakan sifat yang membedakan antara demensia dan hilangnya fungsi kognitif secara progresif di usia muda. Dilansir dari Psychology Today, hasil studi University of Wisconsin-Milwaukee, yang diterbitkan pada tanggal, 26 September, 2016 di dalam Journal of Gerontology: Biological Sciences menyarankan, menemukan cara mudah untuk mencegah atau menunda timbulnya gejala  demensia, termasuk kemampuan otak mengalami kemunduran.

Selama lebih dari 10 tahun, para peneliti mengamati 6.467 wanita pasca menopause, dan mendapati semuanya bebas dari demensia, yakni dengan menguji dan mengevaluasi fungsi kognitif mereka setiap tahunnya. Wanita tersebut melaporkan sendiri berapa banyak kopi, teh dan cola yang mereka minum setiap hari. Dari hasil tersebut, ditemukan bahwa wanita yang mengonsumsi lebih dari 261 mg kafein sehari (setara dengan sekitar tiga cangkir 8 ons kopi atau enam cangkir teh) menunjukkan rendahnya gejala demensia atau penurunan kognitif.

Studi sebelumnya yang menggunakan sampel hewan telah menunjukkan bahwa kafein memiliki efek perlindungan yang sama melawan demensia. Akan tetapi studi ini masih terlalu umum, dan tidak dapat diterapkan pada semua kaum laki-laki. Meskipun hasil penelitian di Eropa menunjukan, bahwa laki-laki yang minum tiga cangkir kopi sehari memiliki tingkat penurunan kognitif lebih rendah selama 10 periode dibandingkan mereka yang kurang minum atau tidak minum kopi.

Tiga atau empat cangkir kopi sehari dianggap jumlah sedang dan cenderung sangat aman bagi kebanyakan orang sehat, dan memberikan berbagai manfaat kesehatan, yaitu menyelamatkan Anda dari kepikunan. Tetapi perlu diingat, kafein dapat meningkatkan tekanan darah yang dapat memengaruhi kadar gula darah yang beresiko penyakit diabetes dan jantung. Selain itu, kafein juga berpotensi menyebabkan masalah perut, mengganggu penyerapan mineral tulang, dan mengganggu tidur.

Jadi, sebelum Anda mengkonsumsi kopi, sebaiknya tanyakan kepada dokter apakah tiga atau lebih cangkir kopi sehari aman bagi Anda atau tidak. Tak lupa juga pastikan jika Anda mengkonsumsi banyak kopi setiap hari, pastikan Anda tidak menambah kafein dari minuman energi atau suplemen untuk menghindari bahaya komplikasi medis yang dihasilkan karena overdosis.

KEYWORD :

Kopi Demensia Jurnas




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :