Kamis, 25/04/2024 08:47 WIB

Gus AMI Peduli Sektor Pertanian UMKM dan Kyai Kampung

Kabupaten Cianjur merupakan salah satu pusat pertumbuhan sosial-ekonomi di Jawa Barat, untuk itu percepatan pembangunan infrastruktur bagi akselerasi ekonomi, distribusi hasil pertanian dan fasilitas pedesaan masyarakat harus segera dirampungkan.

Wakil Ketua DPR RI, Abdul Muhaimin Iskandar, saat menghadiri pertemuan dengan masyarakat Kabupaten Cianjur

Jakarta, Jurnas.com - Kabupaten Cianjur merupakan salah satu pusat pertumbuhan sosial-ekonomi di Jawa Barat, untuk itu percepatan pembangunan infrastruktur bagi akselerasi ekonomi, distribusi hasil pertanian dan fasilitas pedesaan masyarakat harus segera dirampungkan.
 
Hal ini menjadi salah satu atensi yang disampaikan Wakil Ketua DPR RI, Abdul Muhaimin Iskandar, saat menghadiri pertemuan dengan masyarakat Kabupaten Cianjur, di Hotel Ayola Cipanas, Rabu (11/11).
 
"Kabupaten Cianjur memiliki banyak potensi strategis, baik sumber daya alam, pertanian, pariwisata, dan jasa serta lainnya, ini harus dimaksimalkan, salah satu nya dengan kesiapan infrastruktur," kata Gus AMI sapaan akrab Muhaimin Iskandar.
 
Pertemuan silaturahmi Gus AMI di Cianjur dilakukan dengan berbagai segmen, mencakup Guru atau para Asatidz, Komunitas Pemuda, Petani, UMKM dan Kaum Perempuan. Pertemuan itu dihadiri tokoh lokal, kiyai, tokoh pemuda cianjur Lepi Firmansah.
 
Secara lebih spesifik, Gus AMI juga menyarankan pentingnya mensinergikan seluruh kekuatan Cianjur, mulai pelaku UMKM, para pemuda, para guru ngaji, serta ekonomi rumah tangga yang menjadi penyangga kokohnya ekonomi.
 
"Sebagai daerah yg mayoritas penduduknya bekerja di sektor pertanian, pertanian cianjur harus benar-benar mendapt perhatian pemerintah daerah melalui bergai kebijakan pemda,” tegas Gus AMI.
 
Begitu juga sektor perdagangan, terutama yang didominasi oleh pelaku UMKM makanan. "Cianjur ini adalah salah tujuan wisata, maka para pelaku usaha harus didorong untuk terus berkembang sehingga mampu menjadi penopang ekonomi Cianjur. Pemerintah daerah harus hadir utk secara bersama sama menumbuhkan kegiatan UMKM semakin bergairah,” lanjut Gus AMI.
 
Karenanya Gus AMI dalam kesempatan dialog dengan masyarakat Cianjur ini meluncurkan kartu kesejahteraan untuk petani dan pelaku usaha sebagai komitmen mensejahterakan masyarakt Cianjur. Secara khusus Gus AMI juga memberi penekanan khusus sektor pertanian dan UMKM.
 
Penekan dua sektor ini menurut Cucu KH Bisri Syamsuri ini adalah keniscayaan. Mengapa? Pada kuartal III ini sektor pertanian bahkan telah tumbuh positif 2,5 persen di saat sektor lainya tumbuh negatif. Begitu juga UMKM, perlahan lahan mulai bangkit.
 
"Di Jawa Tengah malah saat ini ekspor produk-produl UMKM mulai tumbuh positif kembali, dan bisa mengekspor ke berbagai negara,” demikian Gus AMI.
 
Karena itu, kata Gus AMI, saatnya semua bersinergi agar semua bisa melewati masa sulit ini dan Cianjur menjadi kekuatan yang dasyat bagi kemajuan bangsa.
 
“Dan sebagai kota santri, peran santri dan Kyai sangat vital dalam turut serta memajukan Cianjur agar lebih sejahtera,” demikian Gus AMI.
KEYWORD :

Pimpinan DPR Muhaimin Iskandar Kunjungan Kerja




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :