Sabtu, 20/04/2024 15:52 WIB

LUAR NEGERI

Presiden China Janjikan Investasi Besar ke Portugis

Di Balai Agung Rakyat, Presiden China Xi Jinping menjanjikan Perdana Menteri Portugis Antonio Costa, untuk mendorong lebih banyak investasi ke Portugal pada Sabtu (8/10).

Antonio Costa, PM Portugal diterima Presiden China, Xi Jinping./foto:zimbio

BEIJING - Di Balai Agung Rakyat, Presiden China Xi Jinping menjanjikan Perdana Menteri Portugis Antonio Costa, untuk mendorong lebih banyak investasi ke Portugal pada Sabtu (8/10). Perluasan investasi itu termasuk finansial, asuransi, kesehatan juga infrastruktur.

Xi memuji Portugal atas hubungan diplomatik kedua negara yang telah dijalin sejak 37 tahun terakhir. Kunjungan Costa ke Beijing atas undangan Perdana Menteri China, Li Keqiang. Selain Beijing, ia juga akan mengunjungi Makau untuk menghadiri pertemuan lima menteri.

Seperti dilaporkan Chinadaily, Costa juga dijadwalkan menghadiri Konferensi Forum Kerjasama Ekonomi dan Perdagangan antara China dan negara-negara berbahasa Portugis pada Selasa (11/10) depan. Sementara itu, Li Keqiang dijadwalkan mengadakan pembicaraan dengan Costa pada hari Minggu (9/10) ini.

Kedua negara pada prinsipnya saling sepakat untuk memperdalam kerjasama di bidang investasi dan akan lebih memperluas pasar. Xi menyerukan China untuk lebih dalam melakukan investasi Cina di Portugal.

Lebih dalam lagi, Xi akan mempererat kerja sama maritim dengan Portugal. Xi kepada Costa mengatakan bahwa China mendukung partisipasi Portugal di forum Belt and Road Initiative, dan mendorong kedua negara untuk bekerja sama dalam penelitian dan logistik pelabuhan.

China dan Portugal, ucap Xi, harus menjaga momentum pertukaran kunjungan tingkat tinggi dan kerjasama di berbagai bidang untuk mengkonsolidasikan saling percaya politik, dan terus saling pengertian dan dukungan pada kepentingan inti kedua belah pihak dan keprihatinan utama.

Pada hubungan China-Uni Eropa, Xi mengatakan China dengan tegas mendukung proses integrasi Eropa, mengungkapkan harapan bahwa Portugal bisa memberikan pengaruh yang lebih besar pada hubungan ekonomi dan perdagangan China-Uni Eropa.

Sebelum bertemu Xi Jinping, Costa telah bertemu dengan Zhang Dejang, seorang legislator China yang tengah naik daun. Zhang memuji pertukaran persahabatan antara Kongres Nasional Rakyat Cina dan parlemen Portugal. Zhang berharap peningkatan kerjasama badan legislatif kedua negara dan menawarkan kebijakan kerjasama yang lebih baik.[]

KEYWORD :

antonio costa xi jinping portugal china jurnas internasional investasi china daily bilateral




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :