Jum'at, 26/04/2024 00:13 WIB

Meraih Impian Masa Depan dari Investasi Saham Luar Negeri

Pada prinsipnya sama  dengan di Indonesia. Apalagi sekarang bisa dilakukan secara offline maupun online.

Ilustrasi StockApps

Jakarta, Jurnas.com – Banyak yang beranggapan bermain saham mengkhawatirkan. Apalagi saham-saham luar negeri. Padahal, tidak semuanya benar. Anggaplah saham merupakan satu bagian dari investasi keuangan masa depan. Karena, menabung saja kayaknya tidak cukup. Investasi saham akan menumbuhkan aset-aset tanpa perlu khawatir terhadap inflasi.

Apakah investasi saham hanya untuk mereka dari kelas mapan atau kalangan konglomerat? Jawabannya tentu tidak juga.  Banyak juga dari kalangan biasa yang menginvestasikan dananya karena berpikir tujuan jangka panjang.

Yuks kita kenali dulu apa itu investasi bentuk saham. Definisinya sebagai penyertaan modal individu atau badan usaha  dalam suatu perusahaan. Kemudian, penyertaan modalnya itu bisa dijadikan pendapatan perusahaan. Tidak hanya itu saja, Anda juga mempunyai klaim aset perusahaan dan hadir pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Intinya, merupakan kegiatan penanaman modal atau dana dalam bentuk secara fisik maupun tidak untuk mendanai jalannya ekonomi satu perusahaan yang dapat memberikan keuntungan bagi pemegang modal.

Banyak sektor-sektor yang bisa kita investasi saham. Dari sektor pertanian, pertambangan, perumahan dan real estate, usaha pembuatan mesin  berat maupun ringan, sektor keuangan, hingga sektor perdagangan besar maupun kecil.

Keuntungan dari investasi saham terbagi dua. Pertama dividen, yaitu hasil keuntungan perusahaan yang dibagikan kepada pemegang saham. Ingat, tidak semua keuntungan dibagi, ada sekian persennya akan digunakan untuk biaya operasional perusahaan yang diinvestasikan. Ada yang berupa tunai ada juga yang terakumulasi dalam bentuk saham. Sehingga kepemilikan saham bertambah.

Kemudian, capital gain. Adalah selisih antara harga beli dan harga jual. Ini bentuk aktivitas perdagangan saham di pasar sekunder. Bentuk ini, biasanya akan ditetapkan pada perusahaan yang tidak menetapkan pembagian keuntungan kepada para pemegang saham dalam bentuk dividen.

Jika sudah memahami apa itu investasi saham, cobalah bermain pada saham perusahaan Indonesia. Setelah itu, untuk lebih berlipat keuntungan maka tidak salahnya tingkatkan  dana Anda untuk investasi di luar negeri. Sulit? Jawabannya tidak.

Pada prinsipnya sama  dengan di Indonesia. Apalagi sekarang bisa dilakukan secara offline maupun online. Anda hanya membuka rekening saham pada bank-bank dengan mendaftar menjadi nasabah sekuritas. Sekuritas yang akan menjadi perantara membeli saham di Bursa Efek Indonesia. Kemudian memastikan pialang atau broker mempunyai software yang mudah digunakan dengan kualitas memadai. 

Tenang saja, membuka rekening saham gratis. Hanya cukup mengisi formulir dan melengkapi berbagai dokumen yang diperlukan. Setelahnya, akan mendapatkan user, password dan nomor rekening dana investor.

Selanjutnya, lakukan deposit ke dalam rekening dengan dana minimal yang sudah ditentukan broker untuk membeli saham.

Broker apa saja yang memang layak untuk menginvestasikan saham Anda di luar negeri. Dalam situs Stock Apps menjabarkan secara detail untuk Anda. Ada lima broker yang diulas secara lengkap dan jelas sebagai tempat yang tepat untuk berinvestasi, yaitu:

1. eToro

Etoro adalah broker yang paling mudah dan cepat dimengerti untuk pemula. Jika anda membeli saham perusahaan contohnya saham Apple dengan kode emiten APPL melalui eToro,  maka Anda benar-benar membeli saham tersebut dan juga akan mendapatkan dividen. Sayangnya di eToro tidak banyak pilihan saham yang disediakan, hanya 2000 saham pilihan.

Jika Anda mencari aplikasi perdagangan saham serbaguna terbaik di pasar, Anda bisa mengunjungi eToro. Mari kita lihat lebih dekat mengapa eToro adalah aplikasi yang direkomendasikan nomor satu kami.

eToro adalah aplikasi yang sangat ramah pengguna yang dirancang dengan brilian. Ini sangat bagus untuk pemula karena sangat mudah digunakan, tetapi juga merupakan pilihan yang baik untuk investor yang lebih berpengalaman. Aplikasi eToro cepat, berkinerja baik di seluruh perangkat, dan memungkinkan Anda untuk berdagang saham dengan mulus.

Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang eToro, Anda dapat melihat ulasan aplikasi eToro kami untuk melihat lebih detail tentang apa yang ditawarkan broker ini.

2. Robinhood

Robinhood adalah broker saham untuk membeli dan menjual saham terdaftar U.S dan ETF dengan bebas biaya komisi. Robinhood adalah anggota dari SEC dan juga terdaftar di FINRA & SIPC. Aplikasi Robinhood menyediakan fitur Financial Explained yang dapat digunakan oleh calon investor untuk mempelajari segala macam hal mengenai investasi.

Ada juga fitur Trading Tool yang digunakan untuk transaksi jual-beli saham, melihat data di pasar secara real-time serta berita terbaru tentang pasar yang berhubungan dengan investasi para nasabahnya. Fitur lainnya adalah Cash Management di mana investor akan mendapatkan bunga dari dana ia simpan di akun rekening saham.

3. IG

Adalah  Aplikasi Saham Bereputasi dan juga opsi yang bagus untuk dipertimbangkan jika Anda mencari aplikasi perdagangan saham yang berpusat di Inggris. Yang pertama dan terpenting, broker ini menelusuri akarnya kembali ke tahun 1974 - jadi ia membangun reputasi yang hebat yang sekarang telah berlangsung selama lebih dari empat dekade.

IG memiliki berbagai fitur yang berguna bagi investor saham. Salah satu fitur yang menonjol adalah Komunitas IG tempat Anda dapat berinteraksi dengan perdagangan lain. Akun IG juga kompatibel dengan platform perdagangan tingkat lanjut seperti MT4 dan ProRealTime, yang menyediakan akses ke berbagai alat pembuatan bagan dan analisis. Bahkan ada aplikasi IG Academy terpisah yang berisi sumber belajar fantastis seperti kursus dan webinar!

4. Stash

Bisa dikatakan aplikasi Stock yang ramah pengguna untuk Penduduk AS. Karena, aplikasi Stash Stock ingin berinvestasi dalam saham melalui aplikasi saham khusus, tetapi memiliki sedikit pengetahuan atau tidak sama sekali tentang cara kerja pasar keuangan.

Aplikasi Stash stock juga menawarkan fitur investasi berguna yang didasarkan pada `nilai`. Artinya, jika Anda tidak ingin berinvestasi di industri atau sektor tertentu berdasarkan nilai-nilai pribadi, Stash memungkinkan Anda untuk mengambil kendali penuh atas kemana perginya uang Anda.

5. Trading 212

Adalah perusahaan pialang yang berpusat di Inggris yang memungkinkan Anda untuk berdagang secara online atau melalui aplikasi seluler aslinya. Meskipun Anda mungkin belum pernah mendengar tentang platform ini, Trading 212 telah mengambil alih ruang investasi Inggris dalam beberapa tahun terakhir. Inilah alasannya.

Fitur yang tersedia menawarkan saham pecahan. Anda tidak diharuskan untuk membeli stok penuh. Sebaliknya, Anda dapat berinvestasi hanya dari £ 1. Ini sangat kondusif untuk berinvestasi dengan jumlah kecil. Kami juga menyukai fitur `investasi otomatis` yang hadir dengan aplikasi seluler Trading 212.

Dari informasi tersebut, maka tidak salahnya berinvestasi saham adalah bagian untuk menetapkan tujuan keuangan. Semoga bermanfaat.

KEYWORD :

Investasi Saham




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :