Jum'at, 26/04/2024 03:08 WIB

Vaksin Sputnik V Rusia Diklaim 90 Persen Efektif Cegah COVID-19

Rusia melaporkan rekor tertinggi 21.798 infeksi COVID-19 baru pada Senin (9/11) ketika pihak berwenang menyerukan tindakan yang lebih ketat untuk menahan virus corona di wilayah tertentu.

Vaksin COVID-19 yang dikembangkan oleh Gamaleya Research Institute of Epidemiology and Microbiology, di Moskow, Rusia. (Melalui AFP)

Moskow, Jurnas.com - Perwakilan dari Kementerian Kesehatan Rusia mengatakan, vaksin Sputnik V 90 persen efektif mencegah infeksi virus corona baru (COVID-19).

Pernyataan tersebut menyusul pernyataan sebelumnya pada Senin (9/11) oleh pengembang vaksin Pfizer dan BioNTech, yang mengatakan vaksin racikan mereka 90 persen efektif mencegah COVID-19.

"Kami bertanggung jawab memantau keefektifan vaksin Sputnik V di antara warga yang telah menerimanya sebagai bagian dari program vaksinasi massal," kata Direktur Lembaga Penelitian di bawah Kementerian Kesehatan Rusia, Oksana Drapkina dalam sebuah pernyataan.

"Berdasarkan pengamatan kami, jumlahnya juga lebih dari 90 persen. Kemunculan vaksin lain yang efektif - ini adalah kabar baik bagi semua orang," kata Drapkina.

Rusia melaporkan rekor tertinggi 21.798 infeksi COVID-19 baru pada Senin (9/11) ketika pihak berwenang menyerukan tindakan yang lebih ketat untuk menahan virus corona di wilayah tertentu.

"Penting untuk memperkuat pembatasan dan kendali atas penerapannya di wilayah di mana beban kasus harian dan infeksi menyebar pada tingkat yang jauh lebih tinggi daripada tingkat rata-rata Rusia," kata Kepala Pengawas Kesehatan Konsumen Rusia, Anna Popova.

Dia mengatakan wilayah di mana pembatasan harus ditingkatkan termasuk wilayah Magadan Timur Jauh dan Sakhalin, serta wilayah Arkhangelsk dan Ulyanovsk, antara lain.

Dia menambahkan bahwa di beberapa wilayah, termasuk wilayah Kabardino-Balkaria dan Karachay-Cherkessia di Kaukasus Utara, dan wilayah Penza lebih dari separuh penduduk tidak mengenakan masker di transportasi umum dan di pusat perbelanjaan.

Dalam beberapa bulan terakhir, pihak berwenang Rusia mengatakan pembatasan yang keras tidak diperlukan dan telah menekankan pentingnya tindakan pencegahan kebersihan dan keselamatan.

Presiden Vladimir Putin mengatakan, Rusia tidak berencana untuk memberlakukan pembatasan menyeluruh atau penguncian nasional untuk mengekang lonjakan kasus virus korona setelah melakukannya sebelumnya dalam pandemi.

Dia mengatakan Rusia malah akan memberlakukan tindakan yang ditargetkan jika diperlukan. (Reuters)

KEYWORD :

Vaksin Sputnik V Vaksin Rusia Pandemi COVID-19




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :