Sabtu, 20/04/2024 06:43 WIB

AS Negara Pertama Lewati 10 Juta Kasus COVID-19

Rata-rata harian kematian baru yang dilaporkan di AS merupakan satu dari setiap 11 kematian yang dilaporkan di seluruh dunia setiap hari, menurut analisis Reuters.

Petugas pemakaman menurunkan sebuah peti mati, berisi mayat seorang wanita berusia 52 tahun yang meninggal karena penyakit coronavirus (COVID-19), ke dalam kuburan di pemakaman San Rafael, di Ciudad Juarez, Meksiko 19 Mei 2020. (Foto: Jose Luis Gonzalez/Reuters)

Washington, Jurnas.com - Amerika Serikat menjadi negara pertama di dunia sejak pandemi mulai melampaui 10 juta infeksi virus corona baru (COVID-19). Hal itu terjadi pada hari yang sama dengan kasus COVID-19 global yang melampaui 50 juta.

AS telah melaporkan sekitar satu juta kasus dalam 10 hari terakhir, tingkat infeksi tertinggi sejak negara itu melaporkan kasus COVID-19 pertama di negara bagian Washington 293 hari yang lalu.

Negara itu melaporkan rekor 131.420 kasus COVID-19 pada Sabtu (7/11) dan telah melaporkan lebih dari 100.000 infeksi empat kali dalam tujuh hari terakhir, menurut penghitungan Reuters.

Laporan terbaru AS rata-rata tujuh hari dari 105.600 kasus harian, meningkat setidaknya 29%, lebih dari rata-rata gabungan untuk India dan Prancis, dua dari negara yang terkena dampak terburuk di Asia dan Eropa.

Lebih dari 237.000 warga AS meninggal karena COVID-19 sejak penyakit yang disebabkan oleh virus corona pertama kali muncul di China akhir tahun lalu.

Rata-rata harian kematian baru yang dilaporkan di AS merupakan satu dari setiap 11 kematian yang dilaporkan di seluruh dunia setiap hari, menurut analisis Reuters.

Jumlah kematian yang dilaporkan secara nasional naik lebih dari 1.000 untuk hari kelima berturut-turut pada Sabtu, tren yang terakhir terlihat pada pertengahan Agustus, menurut penghitungan Reuters.

Pakar kesehatan mengatakan kematian cenderung meningkat empat hingga enam minggu setelah lonjakan infeksi.

Presiden terpilih AS, Joe Biden, yang menghabiskan sebagian besar kampanye pemilihannya mengkritik penanganan pandemi oleh Presiden Donald Trump, berjanji pada hari Sabtu untuk menjadikan penanggulangan pandemi sebagai prioritas utama.

Biden akan mengumumkan gugus tugas yang beranggotakan 12 orang pada Senin untuk menangani pandemi yang akan dipimpin oleh mantan ahli bedah jenderal Vivek Murthy dan mantan komisaris Badan Pengawas Obat dan Makanan David Kessler.

Gugus tugas virus korona akan ditugasi mengembangkan cetak biru untuk mengendalikan penyakit setelah Biden menjabat pada Januari.

Midwest tetap menjadi wilayah yang paling terpukul berdasarkan kasus terbanyak per kapita dengan North Dakota, South Dakota, Wisconsin, Iowa dan Nebraska sebagai lima negara bagian AS yang paling parah terkena dampak.

Illinois muncul sebagai pusat gempa baru di Midwest, dengan negara bagian melaporkan lebih dari 60.000 infeksi COVID-19 dalam tujuh hari terakhir, tertinggi di negara itu. Negara bagian melaporkan lebih dari 12.454 kasus baru pada Sabtu, jumlah satu hari tertinggi sejauh ini.

Texas, yang menyumbang 10% dari total kasus AS, adalah negara bagian yang paling terpukul dan menjadi yang pertama melampaui satu juta kasus virus korona di Amerika Serikat pada hari Sabtu.

Menurut analisis Reuters, wilayah Selatan mencakup hampir 43% dari semua kasus di Amerika Serikat sejak pandemi dimulai, dengan hampir 4,3 juta kasus di wilayah itu saja, diikuti oleh Midwest, Barat dan Timur Laut.

New York, dengan lebih dari 33.000 kematian, tetap menjadi negara bagian dengan jumlah kematian tertinggi dan menyumbang sekitar 14% dari total kematian AS.

AS melakukan sekitar 10,5 juta tes virus korona dalam tujuh hari pertama November, di mana 6,22% kembali positif, dibandingkan dengan 6,17% pada tujuh hari sebelumnya, menurut data dari Proyek Pelacakan COVID, sebuah upaya yang dijalankan relawan untuk melacak wabah. (Reuters)

KEYWORD :

Virus Corona Kasus COVID-19 AS Amerika Serikat Joe Biden




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :