Jum'at, 19/04/2024 07:07 WIB

Logistik Pilkada Telah Tiba, Bawaslu Awasi Pendistribusian

Kemaren pada hari Rabu sudah kita lakukan pengecekan dan memastikan kotak suara tersebut, sekarang disimpan di ex Bandara Polonia.

Ketua Bawaslu Kota Medan, Payung Harahap. (Foto: Ist)

Medan, Jurnas.com - Logistik Pilkada Medan yakni kotak suara telah tiba digudang Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan di gedung Andromeda ex Bandara Polonia Medan Rabu lalu.

Terkait pengawasan kotak suara tersebut Bawaslu Kota Medan teleh melakukan pengecekan dan memastikan logistik pilkada terebut.

"Kemaren pada hari Rabu sudah kita lakukan pengecekan dan memastikan kotak suara tersebut, sekarang disimpan di ex Bandara Polonia," kata Ketua Bawaslu Payung Harahap, Sabtu (7/11).

Lebih lanjut Payung menyebutkan, Untuk teknis pengawasan terhadap logistik Bawaslu hanya berkewajiban memastikan apakah barang tersebut ada atau tidak.

"Kalau untuk mengawal selama 24 jam itu sudah keterlibatan pihak kepolisian, karena mereka bagian terpenting dalam pengawasan. Akan tetapi kita juga berperan, hadirnya kotak suara tersebut kita juga bisa lakukan pengawasan bahwa benar telah datang," sebut Payung.

Selain itu, terkait percetakan surat suara Payung menyebutkan dicetak di Cirebon. Ia juga menjelaskan dalam waktu dekat Bawaslu akan monitoring kesana.

"Rencana besok ada beberapa orang berangkat kesana untuk mamastikan," ungkapnya.

Disebutkan, terkait pengawasan yang dilakukan Bawaslu terhadap pendistribusian logistik akan mengacu pada aturan dan ketentuan.

"Kalau pengawasan tergantung kepada aktivitas yang mereka lakukan. Semisal serah terima logistik ataupun surat suara dari Perusahaan ke KPU,  kita juga akan mendapat salinan berita acaranya. Begitulah seterusnya sampai kepada proses pendistribusian dari gudang ke kecamatan hingga ke tps nanti," pungkasnya

KEYWORD :

Medan Kotak Suara Bawaslu Payung Harahap




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :