Jum'at, 19/04/2024 12:34 WIB

Habib Rizieq Pulang, Pengamat: Energi Baru Oposisi

Pernyataan HRS, bahwa dirinya tidak ingin mempersulit pemerintah Indonesia.

Pimpinan PKS silaturahmi ke Habib Rizieq

Jakarta, Jurnas.com - Pakar politik Indonesian Public Institute (IPI) Karyono Wibowo menilai wajar, jika rencana kepulangan Habib Rizieq Shihab (HRS) ke Indonesia menimbulkan kontroversi.

"Pasalnya, sosok satu ini memang kontroversial. Ia kerap membuat heboh di republik ini," ujar Karyono dalam analisis yang diterima jurnas.com, Jumat (6/11/2020).

Karyono menuturkan, ketika HRS tinggal di Arab saja, pernyataannya masih sering membuat heboh. Ia juga dikenal sebagai sosok hater Jokowi yang paling vokal.

"Selain itu, suara lantang yang ia klaim mewakili umat Islam tak jarang menimbulkan polemik," ungkap Karyono.

Oleh karenanya, Karyono menilai kepulangan HRS tentu membuat was-was bagi sebagian masyarakat. Apalagi jika ia bergabung dengan kelompok oposisi, bisa berpotensi memperkuat kelompok mereka.

"Kubu oposisi mendapatkan tambahan energi. Tapi di sisi lain, kelompok oposisi bisa menjadi kekuatan penyeimbang terhadap pemerintahan," jelasnya.

Bagi Karyono, hal ini tidak berdampak negatif jika paradigma oposisi diletakkan dalam kerangka memperkuat demokrasi dan memperbaiki bangsa ini ke depan.

Namun yang dikuatirkan adalah, jika arah oposisi bergeser ke arah gerakan untuk menggulingkan pemerintahan yang sah. Inilah yang menjadi tantangan pemerintahan Jokowi-Ma`ruf.

Tetapi, jelas Karyono, boleh jadi sikap politik HRS sepulang dari Arab tidak ditujukan untuk tujuan tersebut jika menyimak pernyataan HRS, bahwa
dirinya tidak ingin mempersulit pemerintah Indonesia.

HRS pun menginginkan kepulangannya tersebut tidak dimanfaatkan oleh berbagai pihak. Penegasan ini mengindikasikan tentang sikapnya setelah berada di Indonesia sepulang dari Arab Saudi.

"Pernyataan HRS ini yang harus dipegang teguh oleh dirinya sendiri dan menjadi catatan apabila HRS mengingkari ucapannya," tuntas Karyono Wibowo.

KEYWORD :

Habib Rizieq Shihab Karyono Wibowo Oposisi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :