Jum'at, 19/04/2024 00:48 WIB

Puluhan Negara Bagian AS Catatkan Rekor Baru Pertambahan Kasus COVID-19

Banyak negara di Eropa menutup bisnis berisiko tinggi dan bahkan memerintahkan penguncian nasional atau regional saat gelombang kedua menyapu benua itu.

Pejabat melakukan pekerjaan desinfeksi sebagai bagian dari tindakan pencegahan coronavirus (COVID-19) di Aljir, Aljazair pada 4 April 2020 [Farouk Batiche / Anadolu Agency]

New York, Jurnas.com - Puluhan negara bagian Amerika Serikat (AS) melaporkan rekor peningkatan satu hari dalam kasus virus corona (COVID-19), sehari setelah negara itu mencetak rekor dengan hampir 105.000 infeksi pada Rabu (4/11).

Wabah menyebar di setiap wilayah negara tetapi paling parah terjadi di Midwest, berdasarkan kasus baru per kapita.

Illinois melaporkan hampir 10.000 kasus baru pada hari Kamis dan bersama dengan Texas memimpin negara itu dalam kasus terbanyak yang dilaporkan dalam tujuh hari terakhir.

Negara bagian Midwestern lainnya dengan rekor peningkatan kasus pada Kamis (5/11) adalah Indiana, Iowa, Minnesota, Missouri, North Dakota dan Ohio. Arkansas, Maine, Oklahoma, Rhode Island, Utah dan West Virginia juga mencatat rekor peningkatan infeksi baru.

Beberapa kota dan negara bagian telah mengumumkan langkah-langkah baru seperti jam malam atau mengurangi ukuran pertemuan untuk memerangi penyebaran virus, tetapi AS belum mengambil tindakan di tingkat federal. Tujuh belas dari 50 negara bagian tidak membutuhkan masker.

Banyak negara di Eropa menutup bisnis berisiko tinggi dan bahkan memerintahkan penguncian nasional atau regional saat gelombang kedua menyapu benua itu.

Selain meningkatnya kasus, rawat inap pasien COVID-19 di AS meningkat menjadi lebih dari 52.500 pada Kamis (5/11), naik untuk hari ke-11 berturut-turut dan semakin mendekati rekor 58.370 yang ditetapkan pada Juli.

North Dakota melaporkan hanya delapan tempat tidur unit perawatan intensif yang tidak dihuni di seluruh negara bagian pada hari Kamis. Rawat inap adalah metrik utama karena tidak terpengaruh oleh jumlah pengujian yang dilakukan.

Kematian akibat virus Corona cenderung lebih tinggi tetapi tidak pada tingkat yang sama dengan kasus. Amerika Serikat rata-rata mengalami 850 kematian sehari, naik dari 700 kematian sebulan lalu.

Dalam beberapa hari terakhir, enam negara bagian telah melaporkan peningkatan satu hari tertinggi dalam kematian yang pernah terjadi: Arkansas, Idaho, North Dakota, South Dakota, West Virginia dan Wyoming.

Pandemi telah mempengaruhi hampir setiap aspek kehidupan AS, termasuk rekor jumlah pemilih yang mengirimkan surat suara mereka dalam pemilihan presiden Selasa (3/11), yang hasilnya belum diputuskan.

KEYWORD :

Pilpres AS Negara Bagian Amerika Serika Rekor Kasus COVID-19




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :