Jum'at, 26/04/2024 06:38 WIB

UEA Bakal Impor Sayur dan Buah Israel

UEA diperkirakan akan mulai mengimpor buah dan sayuran Israel bulan ini.

Bendera nasional Emirat di ibu kota Abu Dhabi (atas) dan bendera nasional Israel. (AFP)

Jakarta, Jurnas.com - Kementerian Pertanian dan Pembangunan Pedesaan Israel mengumumkan bahwa UEA diperkirakan akan mulai mengimpor buah dan sayuran Israel bulan ini.

Dilansir Middleeast, Selasa (03/11), Otorisasi resmi dikatakan telah diberikan Kamis lalu setelah serangkaian pertemuan dan koordinasi antara Menteri Alon Schuster, karyawan kementerian dan Kementerian Perubahan Iklim dan Lingkungan UEA.

"Ini adalah berita bagus bagi petani Israel," kata Schuster seperti yang dilaporkan oleh Jerusalem Post.

"Perjanjian yang kami tandatangani dengan UEA menggerakkan kami maju dan menuju masa depan bersama di bidang pertanian."

Dengan impor pertanian UEA senilai sekitar $ 10 miliar setahun, perjanjian terbaru ini - yang merupakan hasil dari kesepakatan normalisasi yang ditandatangani pada bulan Agustus - sangat menguntungkan bagi negara pendudukan.

Abu Dhabi membela keputusan untuk menormalisasi hubungan dengan Israel dengan mengklaim bahwa hal itu telah mencegah aneksasi ilegal lebih lanjut dari Tepi Barat yang diduduki. Israel membantah telah membuat janji seperti itu.

Memang, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu bersikeras bahwa rencana pencaplokan 30 persen dari Tepi Barat yang diduduki hanya ditunda. Ini dikonfirmasi minggu lalu oleh seorang utusan AS yang juga mengatakan bahwa aneksasi telah ditunda sampai kesepakatan normalisasi Arab-Israel selesai.

Menurut Jerusalem Post, Schuster telah menuntut anggaran yang lebih besar untuk pertanian sehingga Israel dapat mengambil bagian yang lebih besar dari permintaan UEA untuk produk segar.

Saat ini, UEA tampaknya tidak mengambil tindakan apa pun untuk memastikan bahwa buah dan sayuran yang diimpor dari Israel tidak diproduksi di pemukiman ilegal di seluruh wilayah Palestina yang diduduki.

Minggu lalu dilaporkan bahwa anggur Israel yang diproduksi di Dataran Tinggi Golan Suriah yang diduduki akan dijual di Emirates.

KEYWORD :

Uni Emirat Arab Buah Israel Aktivitas Impor




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :