Sabtu, 20/04/2024 20:40 WIB

Presiden Macron Tegaskan Tidak Benarkan Kekerasan Fisik karena Kartun Nabi Muhammad

Macron telah mengerahkan ribuan tentara untuk melindungi situs-situs seperti tempat ibadah dan sekolah, dan para menterinya memperingatkan bahwa serangan militan Islam lainnya dapat terjadi.

Emmanuel Macron terpilih Jadi Presiden Prancis dengan total suara 65,1

Paris, Jurnas.com - Presiden Prancis, Emmanuel Macron mengatakan, menghormati Muslim yang dikejutkan kartun Nabi Muhammad, namun hal itu bukan alasan untuk melakukan kekerasan.

Seorang penyerang yang meneriakkan takbir memenggal seorang wanita dan membunuh dua orang lainnya di sebuah gereja di Nice pada Kamis (29/10), dalam serangan pisau mematikan kedua di Prancis dalam dua minggu dengan dugaan motif Islamis.

Tersangka penyerang, berusia 21 tahun dari Tunisia, ditembak oleh polisi dan sekarang dalam kondisi kritis di rumah sakit.

Polisi mengatakan pada Sabtu (31/10) bahwa satu orang lagi ditahan sehubungan dengan serangan itu. Orang itu bergabung dengan tiga orang lainnya yang sudah ditahan karena dicurigai melakukan kontak dengan penyerang.

Macron telah mengerahkan ribuan tentara untuk melindungi situs-situs seperti tempat ibadah dan sekolah, dan para menterinya memperingatkan bahwa serangan militan Islam lainnya dapat terjadi.

Serangan Nice, pada saat umat Islam merayakan ulang tahun Nabi Muhammad, terjadi di tengah kemarahan Muslim yang meningkat di seluruh dunia atas pembelaan Prancis atas hak menerbitkan kartun yang menggambarkan Nabi.

Pada 16 Oktober, Samuel Paty, seorang guru sekolah di pinggiran kota Paris, dipenggal kepalanya oleh seorang Chechnya yang berusia 18 tahun yang rupanya marah karena gurunya yang menunjukkan kartun Nabi Muhammad di kelas selama pelajaran kewarganegaraan.

Para pengunjuk rasa mengecam Prancis dalam aksi unjuk rasa jalanan di beberapa negara mayoritas Muslim, dan beberapa telah menyerukan boikot barang Prancis.

Prancis, yang gelisah mengantisipasi kemungkinan serangan lainnya, tersentak pada Sabtu malam ketika seorang imam Ortodoks Yunani ditembak dan terluka di gerejanya di kota Lyon di tenggara. Tetapi para pejabat tidak memberikan indikasi bahwa ada dugaan terorisme.

Dalam upaya memperbaiki kesalahpahaman tentang niat Prancis di dunia Muslim, Macron memberikan wawancara kepada jaringan televisi Arab Al Jazeera yang disiarkan pada Sabtu (31/10).

Macron mengatakan menagtakan Prancis tidak akan mundur dalam menghadapi kekerasan dan akan membela hak kebebasan berekspresi, termasuk penerbitan kartun.

Tetapi Macron menekankan bahwa tidak berarti dia atau para pejabatnya mendukung kartun-kartun itu, yang oleh Muslim dianggap menghujat, atau bahwa Prancis sama sekali anti-Muslim.

"Jadi saya memahami dan menghormati bahwa orang dapat dikejutkan oleh kartun ini, tetapi saya tidak akan pernah menerima seseorang dapat membenarkan kekerasan fisik atas kartun ini, dan saya akan selalu membela kebebasan di negara saya untuk menulis, berpikir, menggambar," kata Macron, menurut transkrip wawancara yang dirilis oleh kantornya.

"Peran saya adalah menenangkan segalanya, itulah yang saya lakukan, tetapi pada saat yang sama, melindungi hak-hak ini," sambungnya. (Reuters)

KEYWORD :

Prancis Emmanuel Macron Umat Muslim Karton Nabi Muhammad




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :