Jum'at, 19/04/2024 04:42 WIB

Akbar Tanjung: Etika Politik Harus Ditegakkan

Akbar Tanjung menilai etika berolitik di Indonesia mengalami kemerostoan. Banyak sosok yang terjun ke dunia politik namun mengabaikan etika yang semestinya dijunjung tinggi.

Jakarta - Politikus senior Partai Golkar, Akbar Tanjung mengingatkan pentingnya menegakkan kembali etika berpolitik yang akhir-akhir ini mulai pudar. Banyak sosok yang terjun ke dunia politik namun mengabaikan etika yang semestinya dijunjung tinggi.

Ketua Dewan Pertimbangn Partai Golkar ini mengatakan, akibat nyata dari menurunnya etika politik di kalangan elit adalah merosotnya citra partai politik di mata masyarakat. Karena itulah, Akbar Institute membentuk Sekolah Kepemimpinan Politik Bangsa dengan salah satu fokus mata pelajaran Etika Politik.

"Kita harus menggerakkan kembali etika berpolitik, sehingga sangat relevan jika etika politik ini menjadi satu materi penting dalam Sekolah Kepemimpinan Politik Bangsa yang sedang kita kembangkan," ujar Akbar.

Mantan Ketua DPR ini menjelaskan, fungsi parpol sebagai pencetak generasi pemimpin sangatlah berat nan mulia. Jika fungsi ini tidak didukung kesiapan organisasi yang memadai, maka masa depan kepemimpinan bangsa pun akan lemah.

"Kita tentu harus berbuat agar fungsi daripada parpol bisa berjalan dengan maksimal, karena bagaimana pun parpol adalah unsur penting dalam mencetak sosok-sosok pemimpin bangsa. Pemimpin yang memiliki kemampuan mengatasi persoalan-persoalan bangsa, di bidang ekonomi, sosial, dan bidang-bidang lainnya," tandas Akbar.

KEYWORD :

akbar tanjung etika politik parpol




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :