Jum'at, 19/04/2024 04:44 WIB

Turki Bangun Ratusan Rumah untuk Pengungsi Suriah

Proyek ini telah dimulai untuk keluarga-keluarga yang mengungsi di tengah perang saudara Suriah yang berusaha bertahan hidup dalam kondisi sulit di tenda.

Seorang anak laki-laki Suriah yang terlantar berdiri di atap rumahnya di desa Atmeh yang menampung hampir 1 juta pengungsi Suriah di dekat perbatasan Suriah-Turki di Provinsi Idlib, 17 September 2019 [Burak Kara / Getty Images]

Jakarta, Jurnas.com - Sebuah yayasan amal Turki, Turkey Diyanet Foundation (TDV) membangun 600 rumah baru untuk keluarga di wilayah Idlib di barat laut Suriah, Senin (12/10) waktu setempat.

Dilansir Middleeast, Selasa (13/10), Ihsan Acik, wakil presiden Turkey Diyanet Foundation (TDV), mengatakan fase pertama dari proyek Goodness Housing yayasan sekarang telah selesai.

Proyek ini telah dimulai untuk keluarga-keluarga yang mengungsi di tengah perang saudara Suriah yang berusaha bertahan hidup dalam kondisi sulit di tenda.

Dalam pidatonya, Acik mengatakan keluarga menerima kunci tempat tinggal baru mereka, menambahkan bahwa sekitar 5.000 rumah akan dibangun untuk keluarga korban perang.

Acik menunjukkan bahwa keluarga sekarang dapat hidup dalam kondisi yang lebih tertahankan. “Hidup di tenda sangat sulit baik di Musim Panas dan Musim Dingin. Para donatur dan warga kami menunjukkan dukungan yang besar untuk proyek ini."

“Dengan dukungan bangsa kita yang setia, kami telah menyelesaikan 600 rumah dalam waktu singkat. Di masa mendatang, saya berharap tidak ada keluarga yang harus tinggal di kompleks tenda, ”ujarnya.

Rumah seluas 28 meter persegi (301 kaki persegi) ini terbuat dari beton bertulang dengan atap yang dibangun dengan beton. Terdiri dari dua kamar, kamar mandi, toilet, dan dapur, dengan infrastruktur lengkap termasuk pipa ledeng dan saluran pembuangan.

Acik menambahkan bahwa TDV menerima sumbangan individu untuk pembangunan tempat tinggal - masing-masing seharga 6.000 lira Turki ($ 762).

Usai upacara, ia dan delegasi pendamping mengunjungi kamp Iman-Zam Zam dan panti asuhan Sekolah Ammar ibn Yasir.

KEYWORD :

Badan Amal Turki Pengungsi Suriah Rumah Baru




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :