Kamis, 25/04/2024 11:31 WIB

Korea Utara Pamer Rudal Balistik Antarbenua Baru

Para pengamat mengatakan rudal itu akan menjadi salah satu ICBM bergerak di jalan raya terbesar di dunia jika dapat dioperasikan.

Sebuah gambar dari video yang disiarkan oleh KRT Korea Utara menunjukkan parade militer dengan rudal balistik antarbenua baru di Pyongyang hari ini. (Foto: AP)

Seoul, Jurnas.com - Korea Utara memamerkan rudal balistik antarbenua (ICBM) yang sebelumnya tak terlihat pada parade militer yang belum pernah terjadi sebelumnya pada Sabtu (10/10). Rudal antarbenua itu dipamerkan untuk pertama kalinya dalam dua tahun.

Para pengamat mengatakan rudal itu akan menjadi salah satu ICBM bergerak di jalan raya terbesar di dunia jika dapat dioperasikan.

Pada acara tersebut juga ditampilkan adalah Hwasong-15, yang merupakan rudal jarak jauh yang pernah diuji oleh Korea Utara, dan yang tampaknya merupakan rudal balistik yang diluncurkan oleh kapal selam (SLBM) baru.

Menjelang pawai, yang diadakan untuk menandai ulang tahun ke-75 berdirinya Partai Buruh yang berkuasa, para pejabat di Korea Selatan dan Amerika Serikat (AS) mengatakan Kim Jong Un dapat menggunakan acara tersebut untuk mengungkap senjata strategis baru seperti yang dijanjikan sebelumnya tahun ini.

Parade tersebut menampilkan rudal balistik Korea Utara untuk pertama kalinya sejak Kim mulai bertemu dengan para pemimpin internasional, termasuk Presiden AS Donald Trump, pada 2018.

"Kami akan terus membangun kekuatan pertahanan nasional kami dan pencegahan perang untuk membela diri," kata Kim Jong un, tetapi berjanji, kekuatan militer negara tidak akan digunakan lebih dulu. Dia tidak menyebutkan secara langsung tentang Amerika Serikat atau pembicaraan denuklirisasi yang sekarang terhenti.

Kantor berita negara KCNA mengatakan otoritas dan keamanan Korea Utara bergantung pada kekuatan strategis nuklir besar yang diperlihatkan dalam parade tersebut.

Kim menyalahkan sanksi internasional, topan, dan virus korona karena mencegahnya memenuhi janji-janji kemajuan ekonomi.

"Saya malu karena saya tidak pernah bisa membayar Anda dengan layak atas kepercayaan Anda yang sangat besar," katanya. "Upaya dan pengabdian saya tidak cukup untuk membawa orang-orang kami keluar dari mata pencaharian yang sulit."

Pawai itu sangat koreografinya, dengan ribuan pasukan berbaris dalam formasi, menampilkan peralatan militer konvensional baru termasuk tank, dan jet tempur yang meluncurkan suar dan kembang api.

Chad O`Carroll, CEO Grup Risiko Korea, yang memantau Korea Utara, mengatakan lebih banyak perangkat keras militer baru telah ditampilkan di acara ini daripada di hampir semua parade sebelumnya. (Reuters)

KEYWORD :

Parade Militer Kim Jong un Korea Utara Rudal Antar Benua




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :