Jum'at, 19/04/2024 23:36 WIB

Gelar Parade Militer, Kim Jong un Minta Maaf kepada Warga Korea Utara

Ulang tahun tersebut, yang dirayakan dengan serangkaian konser dan festival, diawasi dengan ketat di seluruh wilayah karena dipandang sebagai acara di mana Kim Jong untuk dapat menyampaikan pesan kepada penonton domestik dan asing.

Pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong Un (Foto: Reuters)

Pyongyang, Jurnas.com - Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un yang tampak emosional meminta maaf karena gagal meningkatkan kehidupan warga Korea Utara dalam pidatonya di parade militer yang belum pernah terjadi sebelumnya pada Sabtu (10/10).

Korea Utara menandai peringatan 75 tahun berdirinya Partai Buruh yang berkuasa dengan serangkaian konser dan festival, dan upacara tersebut dipandang di seluruh wilayah sebagai acara di mana Kim Jong un dapat menyampaikan pesan kepada penonton domestik dan asing.

Parade tersebut menampilkan rudal balistik Korea Utara untuk pertama kalinya sejak Kim mulai bertemu dengan para pemimpin internasional, termasuk Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, pada 2018.

"Kami akan terus membangun kekuatan pertahanan nasional dan pencegahan perang untuk membela diri," kata Kim Jong un, tetapi berjanji bahwa kekuatan militer negara tidak akan digunakan secara preemptif, tanpa menyebutkan secara langsung tentang AS atau pembicaraan denuklirisasi yang sekarang terhenti.

Kim Jong menyalahkan sanksi internasional, topan, dan virus corona (COVID-19) karena mencegahnya memenuhi janji-janji kemajuan ekonomi.

“Saya malu karena saya tidak pernah bisa membayar Anda dengan layak atas kepercayaan Anda yang sangat besar,” katanya. “Upaya dan pengabdian saya tidak cukup untuk membawa orang-orang keluar dari mata pencaharian yang sulit.”

Kadang-kadang tampak emosional, Kim Jong un berterima kasih kepada militer karena telah bekerja keras untuk menanggapi serangkaian topan musim panas yang merusak, dan untuk mencegah wabah virus korona.

Kim Jong mengatakan bersyukur tidak ada satu pun warga Korea Utara yang dinyatakan positif mengidap penyakit itu, sebuah pernyataan yang sebelumnya dipertanyakan oleh Korea Selatan dan AS.

Para pejabat di Seoul dan Washington mengatakan Korea Utara mungkin akan mengungkap senjata strategis baru. Rekaman awal parade menunjukkan pasukan konvensional berbaris dalam formasi dan apa yang tampak seperti rudal balistik di kendaraan.

Video itu menunjukkan Kim Jong muncul saat jam berdentang tengah malam. Mengenakan jas abu-abu dan dasi, dia melambai ke kerumunan dan menerima bunga dari anak-anak sambil dikelilingi oleh pejabat militer di Lapangan Kim Il Sung yang baru saja direnovasi di Pyongyang.

Pada bagian lain, Kim Jong juga berharap Korea Utara dan Korea Selatan bergandengan tangan lagi setelah krisis COVID-19 selesai. (Reuters)

KEYWORD :

Parade Militer Kim Jong un Korea Utara




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :