Jum'at, 26/04/2024 03:01 WIB

Xi Jinping: China Berniat Perkuat Hubungan dengan Korea Utara

Hari Sabtu menandai ulang tahun ke-75 berdirinya Partai Buruh Korea yang berkuasa

Presiden China, Xi Jinping bertemu dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un di ibukota Korea Utara Pyongyang. (Foto: AFP)

Seoul, Jurnas.com  - Dalam pesan ucapan selamat kepada Kim Jong Un atas ulang tahun berdirinya partai yang berkuasa di Korea Utara, Presiden China, Xi Jinping mengatakan bermaksud memperdalam hubungan dengan Pyongyang.

"Kami memiliki niat untuk berhasil mempertahankan, mengkonsolidasikan dan mengembangkan hubungan China-Korea bersama dengan rekan-rekan Korea dan mendorong perkembangan sosialis kedua negara yang tahan lama dan stabil," kantor berita negara Korea Utara KCNA mengutip pernyataan Xi.

Hari Sabtu (10/10) menandai ulang tahun ke-75 berdirinya Partai Buruh Korea yang berkuasa, dan acara-acara tersebut diharapkan mencakup parade militer besar yang mungkin menampilkan beberapa rudal balistik jarak jauh Korea Utara untuk pertama kalinya sejak 2018.

Xi mengatakan sangat senang dengan pencapaian yang telah dicapai Korea Utara dalam beberapa tahun terakhir dengan terlibat dengan negara-negara asing dalam menghadapi kesulitan dan tantangan.

Setelah hubungan dingin selama bertahun-tahun di mana China bergabung dengan Amerika Serikat (AS) dan negara-negara lain dalam menjatuhkan sanksi kepada Korea Utara atas program senjata nuklir dan rudal balistiknya, Xi dan Kim bertemu lima kali pada 2018 dan 2019.

Sementara Korea Utara mengatakan tidak memiliki kasus yang dikonfirmasi dari virus corona baru, penutupan perbatasan yang ketat dan langkah-langkah lain yang diberlakukan untuk mencegah wabah semakin menekan ekonominya, yang sangat bergantung pada perdagangan dengan China. (Reuters)

KEYWORD :

Xi Jinping Korea Utara Hubungan Dipolmatik China Kim Jong un




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :