Jum'at, 19/04/2024 23:02 WIB

Syahrul Bakar Semangat Mahasiswa Baru Polbangtan

Mahasiswa atau mahasiwi yang memilih masuk ke Polbangtan sudah di jalan yang tepat.

Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo bersama Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi. (Foto: Jurnas via BPPSDMP))

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo memberikan motivasi kepada mahasiswa baru Pembangunan Pertanian (Polbangtan) pada acara Pembukaan Masa Bimbingan Dasar Mahasiswa (Mabidama), yang digelar secara virtual, Jumat (9/10).

Syahrul mengatakan, mahasiswa atau mahasiwi yang memilih masuk ke Polbangtan sudah di jalan yang tepat. Pasalanya, pertanian akan selalu dibutuhkan siapa saja dan dalam keadaan apapun.

"Pertanian itu dibutuhkan oleh kemajuan suatu negara. Tidak ada kemajuan suatu negara, tidak ada kemajuan suatu daerah, tidak ada kemajuan sebuah rumah tangga tanpa hadirnya pertanian," ujar Syahrul.

"Kalau begitu sekolahmu ini sekolah hebat. Sekolahanmu ini sekolah luar biasa. Sekolahmu ini menjamin kehiduapanmu besok akan lebih baik. Pasti," tegas

Mantan Gubernur Sulawesi Selatan itu juga menyampaikan bahwa untuk menjadi mahasiswa yang berhasil kuncinya ialah harus fokus, tidak boleh sambilan, tidak boleh iseng-iseng.

"Dengar baik baik orang berhasil, orang yang fokus tugas dan fungsi dan peranannya. Maka, tugasmu adalah menjadi orang yang hebat di bidang pertanian melalui belajar dengan baik di Polbangtan yang ada," ujar Syahrul.

Untuk menjadi mahasiswa yang berhasil, lanjut Syahrul, juga harus mempunyai cita-cita, punya harapan dan punya visi. "Dreaming, believing dan make it happnen," ujar Syahrul.

"Selanjutnya, memang harus belajar. Jadi kalian tugasnya adalah belajar yang banyak. Belajar dari teori dan belajar dari halh-al yang baik baik di sekitarmu," kata Syahrul.

Untuk menjadi mahasiswa yang berhasil juga tidak boleh sombong. "Berarti kamu menjadi orang yang baik hati. Bagaiman menjadi orang yang baik hati? Kamu harus peduli lingkunganmu. Jangan bikin susah orang," ujar Syahrul.

Kelima adalah friendliness atau tidak mengakali orang, tidak menjadi jatuhkan orang. Yang ada adalah saling menolong dan saling membantu.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi mengatakan, tujuh Polbangtan sudah melaksanakan penerimaan mahasiswa baru.

"Kurang lebih 1258 mahasiswa baru yang sudah diterima dan alahamdillah saat ini mereka masuk dalam zoom meeting ini, tapi sebagian yang lain bersama sama dosen masuk di livestreming," ujar Dedi.

Dedi juga mengatakan, tahun ini sedang diproses dua calon Polbangtan, yakni Polbangtan Banjarbaru, Kalimatan Selatan dan Polbangtan Sembawa, Sumatera Selatan.

"Insyaallah mungkin tahun ini selesai, sehingga tahun depan dua Polbangtan yang baru ini akan menerima mahasiswa baru," ujar Dedi.

Dengan demikian, maka sudah ada sembilan Polbantang yang tersebar di pelosok tanah air, mulai dari Medan, Sembawa, Sumatera Selatan, Jawa, Sulawesi hingga Papua.

KEYWORD :

Syahrul Yasin Limpo Dedi Nursyamsi Mahasiswa Polbangtan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :