Kamis, 18/04/2024 09:38 WIB

Perempuan Kanada Didakwa atas Surat Ricin yang dikirim ke Trump

Menurut dakwaan yang dipublikasikan pada Selasa, Ferrier mengirim amplop ke Gedung Putih yang berisi ricin, protein nabati yang sangat beracun yang berasal dari biji tanaman jarak.

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump di Washington, DC, 1 Agustus 2019. (Foto: AFP)

New York, Jurnas.com - Seorang perempuan Kanada yang dituduh mengirim surat yang berisi racun ricin kepada Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump secara resmi didakwa pada Selasa (22/9).

Pascale Ferrier, 53 tahun dari Quebec, muncul beberapa saat di pengadilan federal di Buffalo, New York setelah penangkapannya di sebuah perlintasan perbatasan pada akhir pekan.

Melalui penerjemah Prancis-Inggris, ia meminta perwakilan dari pengacara yang ditunjuk pengadilan.

Hakim AS, Kenneth Schroeder mengajukan pengakuan tidak bersalah atas namanya, yang memberinya lebih banyak hak pada tahap ini dalam persidangan.

Menurut dakwaan yang dipublikasikan pada Selasa, Ferrier mengirim amplop ke Gedung Putih yang berisi ricin, protein nabati yang sangat beracun yang berasal dari biji tanaman jarak.

"Saya menemukan nama baru untuk Anda: `Badut Tiran Jelek` Saya harap Anda menyukainya," bunyi catatan dalam surat itu, menurut seorang teknisi bom agen khusus FBI yang mengajukan pernyataan tertulis sebagai bagian dari pengaduan pidana.

"Anda menghancurkan AS dan membawa mereka pada bencana," lanjut catatan itu. "Serahkan dan hapus lamaranmu untuk pemilihan ini. Jadi aku membuat `Hadiah Khusus` untuk kamu membuat keputusan. Hadiah ini ada dalam surat ini."

"Jika tidak berhasil, aku akan mencari resep yang lebih baik untuk racun lain, atau aku mungkin akan menggunakan senjataku saat aku bisa datang. Selamat menikmati! ROH REBEL GRATIS."

Pernyataan tertulis tersebut mengatakan para penyelidik menemukan enam surat tambahan yang dikirim ke Texas pada pertengahan September ke pusat penahanan staf tempat Ferrier ditahan pada 2019 setelah penangkapannya karena kepemilikan senjata.

Ia menggunakan bahasa serupa di semua surat dan di akun media sosial yang dikaitkan dengannya, menurut dokumen pengadilan.

Pada Selasa, Ferrier hanya berbicara dalam satu suku kata dan meminta satu set audiensi khusus untuk 28 September.

Jaksa penuntut AS perlu membuktikan identitasnya sebelum melanjutkan persidangan. Karena dianggap sebagai risiko penerbangan, Ferrier akan ditahan sampai saat itu tanpa jaminan. (AFP)

KEYWORD :

Racun Ricin Amerika Serikat Donald Trump Pascale Ferrier




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :