Jum'at, 26/04/2024 04:03 WIB

Para Jurnalis Arab-Israel Bahas Solusi Perdamaian di Timur Tengah

Jurnalis dan profesional di media dunia Arab ikut serta dalam diskusi online kemarin dengan jurnalis Israel dan pejabat senior pemerintah

Tangkapan layar dari webinar di mana jurnalis, pejabat, dan profesional komunikasi Israel membahas peran media dalam memajukan perdamaian Arab-Israel dengan profesional media dari berbagai negara Arab, 21 September 2020

Jakarta, Jurnas.com - Jurnalis dan profesional di media dunia Arab ikut serta dalam diskusi online kemarin dengan jurnalis Israel dan pejabat senior pemerintah, mengenai peran media untuk mencapai perdamaian di Timur Tengah.

Forum online tersebut juga menyertakan anggota negara-negara yang tidak memiliki hubungan formal dengan Israel termasuk Arab Saudi, Sudan dan Aljazair, yang memuji mitra perdamaian baru Israel, Uni Emirat Arab (UEA) dan Bahrain.

Ini terjadi satu minggu setelah UEA dan Bahrain menandatangani kesepakatan normalisasi dengan Israel di Gedung Putih, sebuah langkah yang telah menyebabkan kemarahan di Timur Tengah dan terutama di kalangan Palestina.

Selama pembukaan webinar, Menteri Kerjasama Regional Israel Ofir Akunis mengatakan, ini adalah percakapan bersejarah. Sama seperti penandatanganan perjanjian damai minggu lalu dengan UEA dan Bahrain yang bersejarah, pertemuan ini juga bersejarah.

"Ini adalah peristiwa yang menggembirakan dan penting," katanya dilansir Middleeast, Rabu (23/09).

Juru bicara Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu Ofir Gendelman, membacakan pernyataan dari Presiden Reuven Rivlin atas namanya, yang menyatakan itu adalah kehormatan besar baginya untuk berbicara kepada wartawan dari seluruh wilayah yang telah berkumpul secara online untuk percakapan penting tentang perdamaian.

“Saya juga melihat semangat dan keyakinan ini dalam kerja sama Anda untuk mendorong wacana publik tentang keterlibatan, pemahaman, dan persahabatan di antara masyarakat di wilayah ini,” katanya kepada para peserta.

“Peran media adalah menyampaikan hal ini dengan jelas dan tepat kepada audiens Anda,” tambahnya.

Mohamed Al-Hammadi, editor Alroeya , surat kabar berbahasa Arab yang berbasis di UEA, adalah profesional media Arab pertama yang menyampaikan pidato di webinar tersebut.

“Sulit membayangkan pertemuan seperti itu beberapa tahun yang lalu. Kami orang Arab tidak cukup mengenal orang Israel, tidak sebaik yang seharusnya; mungkin orang Israel juga tidak mengenal kami sebaik yang seharusnya," ujaranya.

Dia mengklaim bahwa dia dan rekan-rekannya yang menulis secara positif tentang normalisasi dengan Israel menjadi sasaran banyak pelecehan.

“Inilah mengapa pertemuan seperti ini sangat penting. Kolaborasi di antara kita adalah satu-satunya cara kita bisa mengatasi arus permusuhan, ”ujarnya.

Al-Hammadi menambahkan bahwa orang-orang Arab masih prihatin dengan rakyat Palestina dan hak mereka atas negara merdeka, yang seharusnya tidak dikesampingkan dalam liputan tentang pemulihan hubungan Israel dengan negara-negara Arab.

Abu Dhabi mengatakan kesepakatan itu adalah upaya untuk mencegah rencana aneksasi Tel Aviv atas Tepi Barat yang diduduki, namun, penentang yakin upaya normalisasi telah dimulai selama bertahun-tahun karena pejabat Israel telah melakukan kunjungan resmi ke UEA dan menghadiri konferensi di Uni Emirat Arab. negara yang tidak memiliki hubungan diplomatik atau lainnya dengan Israel.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, bagaimanapun, membantah pernyataan bahwa pencaplokan bukan dari meja , tetapi hanya ditunda.

KEYWORD :

Jurnalis Arab Pemerintah Isarel Timur Tengah




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :