Rabu, 24/04/2024 05:54 WIB

Israel Kembali Tutup Masjid Ibrahimi di Hebron

Pasukan pendudukan Israel menutup Masjid Ibrahimi di kota Hebron, Tepi Barat 

Pemandangan Masjid Ibrahimi dan seorang tentara Israel yang berpatroli di daerah tersebut terlihat di Hebron, Tepi Barat pada 01 September 2020 [Issam Rimawi - Anadolu Agency]

Jakarta, Jurnas.com - Pasukan pendudukan Israel menutup Masjid Ibrahimi di kota Hebron, Tepi Barat yang diduduki untuk hari kedua berturut-turut selama liburan Yahudi Rosh Hashanah.

Dilansir Middlleast, Selasa (22/09), penutupan itu membuat jemaah Muslim sekali lagi dilarang melakukan sholat fardhu di masjid seperti biasa.

Direktur masjid mengecam pelanggaran terbaru Israel terhadap konvensi hak asasi manusia yang menjamin hak kebebasan beragama. Sheikh Hifthi Abu Sneineh mengatakan bahwa otoritas pendudukan menutup masjid pada Sabtu malam untuk memberi jalan bagi pemukim ilegal.

Kota Tua Hebron termasuk Masjid Ibrahimi yang dikenal orang Yahudi sebagai Gua para Leluhur. Itu terdaftar sebagai situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2017.

Masjid Ibrahimi ditutup dari awal Maret karena pandemi coronavirus. Namun dibuka kembali pada bulan Mei, bersama dengan Gereja Kelahiran di Betlehem.

Masjid tersebut diyakini sebagai tempat pemakaman Nabi Ibrahim, Ishak dan Yakub, serta istri mereka, dan suci bagi Muslim dan Yahudi. Itu telah menjadi tempat ketegangan selama beberapa dekade, paling tidak karena otoritas pendudukan Israel telah mengambil alih lebih banyak ruang salat pusat untuk digunakan oleh pemukim ilegal.

Pada Februari 1994, seorang pemukim menembak dan membunuh 29 Muslim saat mereka sedang sholat. Baruch Goldstein mengenakan seragam Pasukan Pertahanan Israel dan menggunakan senjata militernya untuk melakukan pembunuhan massal.

Orang-orang yang selamat dari serangan mematikan itu memukulinya sampai mati. Kuburan Goldstein di pemukiman ilegal dekat Kiryat Arba telah menjadi tempat suci bagi para pemukim.

Secara total, lebih dari 200.000 warga Palestina tinggal di Hebron, dibandingkan dengan hanya beberapa ratus pemukim ilegal yang tidak hanya bersenjata lengkap tetapi juga dilindungi oleh kehadiran tentara Israel yang besar.

KEYWORD :

Masjid Hebron Tepi Barat Pasukan Israel




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :