Jum'at, 26/04/2024 01:55 WIB

Gubernur Sulut: Kunci Penanganan Covid-19 Adalah Kedisiplinan

Mengantisipasi penanganan bila ditemukannya kasus Covid-19 di tempat dan fasilitas umum

Olly Dondokambey, Gubernur Sulawesi Utara

Sulawesi Utara, Jurnas.com - Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey mengingatkan bahwa kedisiplinan masyarakat menjalankan protokol kesehatan adalah kunci keberhasilan dalam melawan wabah Covid-19.

"Intinya masyarakat harus melakukan protokol kesehatan seperti physical distancing, pakai masker, cuci tangan dengan sabun dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Disiplin," jelas Olly dalam Pembinaan Pelayanan Khusus Rayon Manado di Aula Mapalus Kantor Gubernur Sulawesi Utara, Senin (21/9/2020).

Olly menuturkan, pada 23 Juni 2020 Pemprov Sulut telah menetapkan Peraturan Gubernur (Pergub) Sulawesi Utara Nomor 44 Tahun 2020 tentang Pedoman Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Produktif dan Aman Covid-19 (AKB M2PA Covid-19) di Sulawesi Utara.

Pergub AKB M2PA Covid-19 itu mengatur pelaksanaan aktivitas di luar rumah, aktivitas di tempat dan fasilitas umum, baik pasar, pusat perbelanjaan (mall,pertokoan dan sejenisnya), hotel, penginapan, homestay, asrama dan sejenisnya.

Termasuk rumah makan, restoran dan sejenisnya, sarana dan kegiatan olahraga, penyelenggaraan kegiatan event pertandingan keolahragaan, serta pusat pelatihan olahraga.

Selain itu, aktivitas terkait moda transportasi juga diatur dengan protokol kesehatan, seperti di terminal, pelabuhan, bandar udara, lokasi daya tarik wisata, jasa perawatan kecantikan, rambut dan sejenisnya, jasa ekonomi kreatif, kegiatan keagamaan di rumah ibadah, penyelenggaraan event, pertemuan dan Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

"Kendati aktivitas sehari-hari dapat dilakukan kembali dengan menerapkan protokol kesehatan, Pergub AKB M2PA Covid-19 telah mengantisipasi penanganan bila ditemukannya kasus Covid-19 di tempat dan fasilitas umum," papar Olly.

Calon Incumbent pada Pilgub Sulawesi Utara 2020 ini menjelaskan, Pergub Nomor 44 Tahun 2020 bertujuan untuk mewujudkan masyarakat produktif dan aman Covid-19 dan mensinergikan keberlangsungan perekonomian masyarakat dan kebijakan pelaksanaan pembangunan di wilayah Provinsi Sulawesi Utara.

KEYWORD :

Peraturan Gubernur Covid-19 Protokol Kesehatan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :