Jum'at, 19/04/2024 11:40 WIB

Pilkada DKI Jakarta

Anies: Tidak Semua yang Digusur Melanggar

Penggusuran terhadap warga DKI Jakarta akan dapat diterima semua pihak jika dilakukan dengan dialog dan tidak melanggar aturan hukum yang berlaku.

Calob Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

Jakarta - Penggusuran terhadap warga DKI Jakarta akan dapat diterima semua pihak jika dilakukan dengan dialog dan tidak melanggar aturan hukum yang berlaku.

Calon gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, dengan mengedepankan komunikasi yang baik dan menegakkan aturan, maka relokasi terhadap warga DKI akan berjalan dengan baik.

"Masalahnya, tidak semua yang digusur itu melanggar. Ada juga yang memang memiliki hak untuk tinggal di situ. Bila sudah ada ketetapan hukum, pemerintah daerah juga harus mengikuti," kata Anies seperti dilansir Antara, Jakarta, Jumat (30/9).

Kata Anies, bila ada dialog, komunikasi dan penanganan yang benar, dipastikan masyarakat akan bisa menerima. "Apalagi untuk kepentingan yang lebih besar. Bangsa ini sudah terbiasa iuran untuk kepentingan yang lebih besar. Dulu bahkan sampai iuran nyawa," jelasnya.

Sebab, lanjut Anies, tempat tinggal merupakan bagian dari sejarah seseorang. Ada memori dan rasa yang menetap di tempat itu. Karenanya, bila penggusuran dipaksakan, maka sejarah dan memori seseorang juga akan ikut hilang.

"Tempat satu dengan lainnya memiliki permasalahan yang berbeda. Karena itu, penanganannya harus berbeda. Memindahkan orang itu gampang, tetapi dampaknya akan mereka rasakan seumur hidup," katanya.

KEYWORD :

Pilkada DKI Jakarta Pilgub DKI Jakarta Anies Baswedan Sandiaga Uno Anies-Sandiaga Jurnas.com




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :