Kamis, 25/04/2024 12:11 WIB

Ketua Komisi III DPR Imbau Kejaksaan dan KPK Bangun Sinergi Penegakkan Hukum

Ketua Komisi III DPR RI Herman Herry mengimbau agar Kejaksaan Agung (Kejagung) dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dapat membangun sinergi dalam penegakan hukum.

Ketua Komisi III DPR, Herman Herry

Jakarta, Jurnas.com - Ketua Komisi III DPR RI Herman Herry mengimbau agar Kejaksaan Agung (Kejagung) dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dapat membangun sinergi dalam penegakan hukum.

Herman menyampaikan, Komisi III bertekat untuk membangun kemitraan yang profesional dan bermartabat dengan aparat penegak hukum. Sehingga fungsi dan tugas masing-masing lembaga negara bisa berjalan dengan efektif.

Bahkan, lanjut politikus senior PDI Perjuangan itu mangatakan, Komisi III DPR selalu memberikan masukan yang konstruktif bagi Kejagung dan KPK. Hal itu guna menghindari pernyataan-pernyataan yang berpotensi membuat gaduh tugas penegakan hukum.

"Kami sebagai Pimpinan Komisi III mengimbau kepada dua lembaga ini, hendaknya dua lembaga ini bisa membangun sinergi, jangan masing-masing punya ego kelembagaan sendiri-sendiri. Sehingga sinergi aparat penegak hukum secara moral terbangun dengan baik, ada komunikasi yang baik. Untuk menghindari kegaduhan yang cenderung mengadu domba antara Kejaksaan dengan KPK," kata Herman, saat rapat kerja dengan Kejaksaan dan KPK, di Gedung DPR, Jakarta, Senin (14/9).

Dalam rapat kerja yang juga membahas tentang Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian dan Lembaga (RKAKL) yang ada di Kejaksaan dan KPK ini, Komisi III DPR RI memberikan dukungan peningkatan anggaran yang ada di dua lembaga ini.

Ada pun pagu anggaran Kejaksaan RI tahun 2021 sebesar Rp. 9,243 triliun serta usulan tambahan yang diajukan sebesar Rp 400 miliar. Sementara pagu anggaran KPK tahun 2021 sebesar Rp 1,055 triliun serta usulan tambahan yang diajukan sebesar Rp 825,92 miliar.

"Pada kesemapatan yang berbahagia ini, saya melihat bahwa dukungan Komisi III terhadap Kejaksaan Agung dan tehadap KPK dalam bidang anggaran, walaupun tidak luar biasa, tapi ada komitmen Komisi III untuk mendukung kinerja para mitra, yakni Jaksa Agung dan KPK, meskipun dukungan anggaran masih jauh dari memadai tapi paling tidak ada penambahan-penambahan," jelas Herman.

Kata Herman, dukungan anggaran ini bertujuan bahwa Komisi III ingin menunjukkan dukungan kepada mitra kerja terkait dengan tugas dan fungsi Kejaksaan dan KPK. Herman menegaskan kembali dukungan anggaran ini harus dibarengi dengan sinergi dalam tugas penegakan hukum.

"Kami Komisi III menginginkan ada harmoni antara kedua belah pihak sehingga ada sinergi dalam tugas dan fungsi penegakan hukum," demikian Herman.

KEYWORD :

Komisi III DPR Herman Herry Sinergi Penegak Hukum Kejagung dan KPK




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :