Kamis, 25/04/2024 06:58 WIB

F-PAN Desak Aparat Usut Tuntas Penusukan Syekh Ali Jaber

Jangan sampai terkecoh bahwa setiap pelaku yang menyerang ulama itu tidak waras atau gila

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Saleh Daulay

Jakarta, Jurnas.com - Plh. Ketua Fraksi PAN DPR RI, Saleh Partaonan Daulay mengutuk keras insiden penusukan terhadap Syekh Ali Jaber yang sedang bersafari dakwah di Lampung. Dia mendesak aparat kepolisian untuk segera mengusut tuntas tindakan tak beradab ini.

"Jangan sampai terkecoh bahwa orang yang melakukan itu tidak waras," kata Saleh melalui pesan tertulisnya, Senin (14/09/2020).

"Jangan disimplikasi bahwa ini dilakukan orang yang tidak sehat. Justru, banyak yang menduga bahwa tindakan kekerasan seperti ini sudah terencana. Buktinya, targetnya langsung pak Syekh Ali Jaber," tegas Saleh.

Penuntasan kasus ini diharapkan dapat meningkatkan ketenteraman dan ketertiban masyarakat. Sebab, dengan kejadian itu, masyarakat akan merasa was-was dan khawatir. Kejadian kekerasan ternyata tidak hanya menyasar masyarakat biasa, tetapi juga kepada ulama.

"Tindakan penusukan itu kan terjadi di tempat keramaian. Yang lebih menyedihkan, itu dilakukan pada saat penyampaian ceramah agama. Ini benar-benar keterlaluan," kata saleh.

Mantan Ketua Umum PP. Pemuda Muhammadiyah ini pun meminta kepada pemerintah untuk benar-benar konsen mencari dalang penusukan itu. Hal tersebut diperlukan agar tidak ada multi tafsir di tengah masyarakat. Selain itu, kepastian hukum bisa ditegakkan.

"Jangan ada asumsi bahwa para penceramah agama tidak aman. Justru, para penceramah itu harus mendapatkan perlindungan lebih. Apalagi, mereka berceramah dalam rangka membina akhlak dan moral masyarakat," ucap Saleh.

"Setahu saya, Syekh Ali Jaber ini tidak berafiliasi dengan partai politik. Ceramahnya pun selalu bicara soal perdamaian. Karena itu, agak aneh jika beliau menjadi target sasaran tindak kekerasan," tambah dia.

KEYWORD :

Saleh Daulay Syekh Ali Jaber Ulama




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :