Jum'at, 26/04/2024 05:01 WIB

Kementan Dorong Realisasi Pengembangan Hortikultura

Alokasi anggaran Direktorat Jenderal Hortikultura sebagian besar adalah untuk pengembangan komoditas strategis yakni cabai dan bawang. 

Direktur Jenderal Hortikultura, Prihasto Setyantot. (Foto: Humas Horti)

Jakarta, Jurnas.com - Direktur Jenderal Hortikultura, Kementerian Pertanian (Kementan), Prihasto Setyanto mendorong satuan kerja (satker) pusat dan daerah untuk segera merealisasikan kegiatan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Indonesia (APBN) 2020.

Sebelumnya, ekonomi Indonesia pada kuartal II berada di titik negatif. Karena itu, pemerintah bergerak cepat realisasikan belanja APBN untuk dongkrak pergerakan ekonomi nasional pada kuartal III ini. 

Alokasi anggaran Direktorat Jenderal Hortikultura sebagian besar adalah untuk pengembangan komoditas strategis yakni cabai dan bawang. Jika, kegiatan tersebut terealisasi, maka akan lebih terasa dampaknya pada pergerakan ekonomi nasional.

"Selain itu, pertanaman juga harus segera dilakukan untuk persiapan menyambut Hari Besar Keagamaan (HBKN) Natal dan Tahun Baru," kata dirjen yang biasa dipanggil Anton itu.

Sementara itu, Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Provinsi Nusa TenggaraTimur, Joaz Bily Oemboe Wanda menyampaikan, pihaknya sudah realisasi 99,73% untuk kegiatan pengembangan kawasan cabai.

"Kurang lebih anggaran yang dikucurkan untuk pertanian sebanyak Rp2 miliar. Kami bersyukur hampir seluruhnya sudah terealisasikan untuk hortikultura," ujar Joaz melalui sambungan telepon pada Jumat (11/9).

Ia mengatakan, distribusi bantuan benih dan likat kuning untuk pertanaman cabai diperuntukkan bagi 19 kabupaten seluas 626 hektar. Menurutnya, bantuan ini sangat terasa manfaatnya di NTT.

"Selain luas areal pertanaman cabai meningkat, ternyata peningkatan produksinya juga mampu mengurangi impor cabai dari luar NTT. Hal tersebut tentu berdampak pada peningkatan pendapatan petani cabai," kata Joaz.

Di beberapa kesempatan, Menteri Pertaniaan (Mentan), Syahrul Yasin Limpo mengimbau pihaknya agar terus mendampingi petani meski di tengah pandemi virus corona (COVID-19)

"Meskipun pandemi belum berakhir, kita harus hadir di tengah-tengah petani. Pendampingan, bimbingan teknis dan penyaluran bantuan harus terus berjalan agar aktivitas pertanian tetap berjalan guna memacu pertumbuhan ekonomi bangsa," ujar Syahrul.

KEYWORD :

Ditjen Hortikultura Prihasto Setyanto Realisasi APBN 2020




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :