Sabtu, 20/04/2024 18:08 WIB

Bamsoet: Jalan Tengah Prinsip Mencari Solusi

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Foto: mpr

JAKARTA, Jurnas.com – Mengatasi berbagai persoalan bangsa tidak bisa dilakukan dengan cara adu kekuatan dan saling menang-menangan. Mencari jalan tengah adalah salah satu prinsip dalam mencari solusi menyelesaikan berbagai masalah yang muncul dalam berbangsa dan bernegara.

Demikian disampaikan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) saat meluncurkan bukunya yang berjudul "Solusi Jalan Tengah" dan "Jurus Empat Pilar" di Jakarta, Kamis (10/9/2020).

“Saya memang selalu berprinsip memberikan suatu solusi harus berada di tengah- tengah.  Tidak ke kiri dan ke kanan. Tidak ada yang tidak bisa diselesaikan,” kata Bamsoet.

Bambang ambil contoh ketika ada atensi politik yang sangat tinggi saat Rancangan Undang-undang Haluan Ideologi Pancasila (HIP) yang mendapat penolakan cukup keras oleh masyarakat.

“Kalau kita menang-menangan,  kalau kita kuat-kuatan, yang rusak adalah kita sendiri, yang rugi adalah bangsa kita sendiri. Situasi akan menjadi tidak kondusif di tengah tengah pandemi Covid. Pemerintah pasti akan terganggu dalam melaksanakan program-program recovery ekonomi. Maka perlu dijadikan  jalan tengah,” katanya.

MPR kemudian melakukan dan menemui para tokoh agama yang menghasilkan beberapa kesepakatan seperti diantaranya tim yang diusulkan oleh pemerintah tidak lagi seperti apa yang ada di dalam RUU HIP.

Judul RUU HIP pun kemudian diubah menjadi RUU BPIP (Badan Pembinaan Ideologi Pancasila). Berbagai tafsir yang ada juga kemudian dihilangkan lebih sederhana dan lebih fokus kepada penguatan tugas dan fungsi BPIP, sebagaimana BP7 yang lalu.

Sementara buku  “Jurus Empat Pilar” merupakan jurus jurus pimpinan MPR dalam menyosialisasikan empat pilar kebangsaan dengan metode baru. Tidak lagi terpaku pada metode ceramah atau diskusi satu arah. Tetapi masuk ke berbagai kelompok elemen bangsa, seperti kelompok pesantren, milenial, komunitas  hobi dan lainnya.

“Termasuk youtuber, artis, dan selebgram,” tutur Bamsoet.

KEYWORD :

MPR Bamsoet jalan tengah solusi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :