Selasa, 23/04/2024 16:35 WIB

Tingkatkan Mutu Pendidikan Tinggi, Indonesia Gandeng Prancis

Indonesia membuka peluang kerja sama dengan Prancis dalam rangka implementasi program Kampus Merdeka.

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nizam (Foto: Muti/Jurnas.com)

Jakarta, Jurnas.com - Indonesia membuka peluang kerja sama dengan Prancis dalam rangka implementasi program Kampus Merdeka.

Upaya yang digagas oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) ini juga diharapkan meningkatkan peluang kerja sama luar negeri.

Direktur Jenderal Dikti Kemdikbud, Nizam mengatajan bahwa Indonesia dan Prancis memiliki hubungan bilateral yang baik di semua sektor, yang merupakan hasil dari pemahaman dan kerja sama yang baik selama bertahun-tahun.

Nizam berharap melalui kerja sama yang dibangun dengan Prancis dapat tercapai visi dan misi yang telah ditetapkan, berdasarkan pemahaman, pengalaman, dan komunikasi yang selama ini sudah dijalin.

"Saya berharap melalui kegiatan ini akan membawa kita melangkah bersama untuk menyamakan pemahaman yang lebih baik dalam bidang pendidikan untuk generasi di masa depan," kata Nizam pada Rabu (9/9).

Lebih lanjut Nizam menambahkan, di tengah perkembangan teknologi dan digitalisasi pendidikan, adaptasi penting untuk menghadapi tantangan baru, dan juga untuk menggapai masa depan.

"Sektor pendidikan adalah kunci untuk mempersiapkan generasi masa depan dengan lebih baik, pendidikan adalah pintu dan jendela kita yang menghubungkan masa lalu dan masa depan," tutur dia.

Sementara itu, Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Sesditjen Dikti), Paristiyanti Nurwardani, menyampaikan kolaborasi perguruan tinggi antara kedua negara diharapkan dapat mendongkrak indikator kesuksesan Kampus Merdeka, serta memiliki generasi yang inovatif.

"Ditjen Dikti selama ini selalu berkolaborasi dengan banyak negara, terutama Prancis untuk memiliki mahasiswa yang kompetitif, para tenaga pendidik di fakultas, serta institusi pendidikan tinggi di era digital yang salah satunya yaitu program Kampus Merdeka," terang Paris.

"Salah satu momen penting adalan momentum 70 tahun hubungan bilateral Indonesia-Prancis yang diharapkan dapat mendorong hubungan kerja sama dalam bidang pendidikan tinggi yang saling menguntungkan kedua negara," sambung dia.

Perwakilan Kedutaan Prancis di Jakarta, Mrs. Philomène Robin, Attaché of University Cooperation memaparkan, Prancis merupakan salah satu negara yang terus membangun dan meningkatkan kualitas perguruan tinggi sebagai salah satu yang terbaik di dunia.

Saat ini, selain sebagai salah satu negara destinasi pendidikan tinggi para mahasiswa dari seluruh dunia, terdapat pula beberapa perguruan tinggi Prancis yang telah membuka kampus di beberapa negara sahabat.

Dalam kerangka hubungan bilateral antara Indonesia-Prancis pada bidang pendidikan tinggi, Indonesia-Prancis telah memiliki beberapa skema kolaborasi, kerangka kerja sama, monitoring dan implementasi dari naskah kerja sama yang telah disepakati oleh kedua belah pihak, seperti Joint Working Group on Higher Education dan High Level Meeting di tingkat pejabat senior.

Dalam prosesnya, baik Indonesia dan Prancis terus mendorong berbagai program kerja sama yang dapat meningkatkan interaksi dan intensitas kerja sama pendidikan tinggi kedua negara.

Beberapa contoh program tersebut seperti pengkajian joint degree, student exchange, scholarship for degree program dan peningkatan kapasistas akademik bagi Indonesia dalam mendorong kerja sama antar perguruan tinggi kedua negara.

Selanjutnya, Mrs. Robin menyampaikan bahwa Prancis sebagai salah satu negara sahabat Indonesia, membuka peluang yang sebesar-besarnya atas segala potensi kerja sama yang dapat dijalin oleh kedua negara yang disertakan dengan keinginan Prancis melalui intensitas tawaran-tawaran program yang telah ditawarkan.

Pada kesempatan yang sama, Atase Pendidikan dan Kebudayaan Prancis, Warsito menyampaikan tentang peluang kerja sama perguruan tinggi.

Dia mengatakan bahwa besarnya jumlah mahasiswa Indonesia yang menempuh pendidikan tinggi di Perancis tersebar di berbagai jurusan. Perancis juga turut menjadi negara tujuan favorit mahasiswa yang berminat menempuh gelar Doktor di Perancis.

Dia pun siap mendukung implementasi program Kampus Merdeka dari Indonesia melalui kolaborasi dengan pihak Perancis.

"Atdikbud KBRI di Paris siap mendukung kerja sama bilateral Indonesia-Perancis, dalam bidang pendidikan tinggi dan inovasi melalui peningkatan interaksi dan kerja sama antar perguruan tinggi di kedua negara," tegas dia.

 

KEYWORD :

Kerja sama pendidikan Prancis Kemdikbud Ditjen Dikti




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :